Pemkab Berau Berupaya Kembangkan Enam Sub Sektor Ekonomi Kreatif

Pemkab Berau Berupaya Kembangkan Enam Sub Sektor Ekonomi Kreatif

Menparekraf RI, Sandiaga Uno saat mengunjungi stand UMKM di Berau beberapa waktu lalu-Disway Kaltim-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Berau terus berupaya mengembangkan enam subsektor Ekonomi Kreatif (Ekraf) sebagai langkah strategis untuk mendukung dan meningkatkan destinasi pariwisata yang ada di wilayah tersebut.

Salah satu fokus utama Disbudpar adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), yang dianggap krusial untuk mengembangkan potensi ekonomi kreatif dan pariwisata di Berau.

Komite Ekonomi Kreatif Berau, yang dibentuk pada tahun lalu, memiliki tugas untuk memimpin inovasi dan terobosan di sektor pariwisata Bumi Batiwakkal.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Bina Usaha Jasa Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Disbudpar Berau, Nurjatiah, berdasarkan Peta Jalan Pengembangan Ekraf Daerah (Talanpekda) Berau tahun 2024-2028, enam subsektor ekraf yang akan dikembangkan mencakup bidang-bidang spesifik dengan potensi tinggi.

BACA JUGA : Uji Coba Budidaya Tambak Ikan Nila Salin di Balikpapan, Pemprov Kaltim Gandeng Para Pemilik Lahan

Tiga subsektor unggulan yang akan dikembangkan adalah wastra dan kriya, kuliner, serta seni pertunjukan.

Sedangkan tiga subsektor potensial lainnya meliputi fotografi, video dan film, musik, serta aplikasi.

Sejak tahun lalu, Disbudpar Berau telah memberikan perhatian yang semakin besar terhadap peningkatan SDM di enam subsektor ini, meskipun upaya tersebut belum sepenuhnya terstruktur dengan baik.

Nurjatiah menjelaskan bahwa pembentukan Komite Ekonomi Kreatif Berau yang baru dilakukan pada akhir tahun lalu menjadi salah satu alasan mengapa struktur pengembangan belum sempurna.

Tahun ini, Disbudpar mengusulkan peraturan bupati (perbup) terkait ekraf, yang masih dalam tahap pembahasan di Kemenkumham Kaltim.

BACA JUGA : Punya Komoditas Kakao Unggulan, Pemkab Mahulu Pikirkan Bangun Industri Cokelat Rumahan

"Dengan kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pekan lalu di Kabupaten Berau, kami berharap semua ekraf di Berau dapat difasilitasi, terutama dalam peningkatan SDM," jelasnya.

Setelah perbup tersebut disetujui, Disbudpar akan segera menjalankan enam kebijakan utama yang ada di Talanpekda, khususnya di bidang peningkatan SDM.

Dalam konteks pengembangan pariwisata, ekraf harus menjadi bagian integral dari strategi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: