Hetifah Sebut Pertumbuhan Ekonomi Kreatif di Kaltim Alami Perubahan Signifikan

Hetifah Sebut Pertumbuhan Ekonomi Kreatif di Kaltim Alami Perubahan Signifikan

Hetifah Sebut Pertumbuhan Ekonomi Kreatif di Kaltim Alami Perubahan Signifikan-(Disway/Iswanto)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian menilai perkembangan ekonomi kreatif (Ekraf) di Kaltim mengalami perubahan yang positif.

Menurut Hetifah, perkembangan itu dapat dilihat pada semakin banyaknya pengusaha-pengusaha baru yang muncul, terutama yang bergerak di sektor kuliner dan pariwisata.

"Di Samarinda ini ada berbagai tempat wisata yang dapat dikunjungi. Seperti Kampung Tenun, Kampung Ketupat dan berbagai tempat wisata lainnya seperti kapal wisata," kata Hetifah, Rabu (17/1/2024).

Meski demikian, Hetifah menginginkan agar destinasi wisata di Kaltim kedepannya perlu dilakukan pendataan yang optimal, terutama di wilayah jarang dikunjungi wisatawan.

Sehingga kedepannya, wisatawan yang berkunjung memiliki banyak pilihan untuk berlibur.

"Kita juga ingin agar wisatawan yang berkunjung bisa lama di Kaltim, sehingga perputaran uang juga meningkat, karena itu penting untuk terus meningkatkan semua potensi yang ada," serunya.

Selain itu, Hetifah juga menyarankan agar peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata juga perlu menjadi perhatian serius pemerintah daerah.

Sehingga pengelolaan industri pariwisata dan lainnya bisa lebih optimal.

Kemudian, ia juga meminta pelaku usaha kuliner untuk terus mengembangkan kuliner-kuliner khas Kaltim, seperti kuliner nasi kuning khas Kaltim yang selama ini sudah dikenal masyarakat.

"Artinya jangan hanya tempat wisata saja yang diurus, tapi industri kuliner juga perlu diperhatikan, sehingga keduanya bisa berjalan," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: