Ini 3 Jurus Pemerintah Hadapi Inflasi yang Diungkap oleh Airlangga Hartarto

Ini 3 Jurus Pemerintah Hadapi Inflasi yang Diungkap oleh Airlangga Hartarto

Pedagang sayur di Pasar Sanggam Adji Dilayas, Berau-(Disway Kaltim)-

Menko Airlangga mengungkapkan bahwa pemerintah juga fokus untuk memastikan kelancaran penyaluran komoditas pangan strategis dan mengoptimalkan penggunaan tol laut untuk daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T).

“Badan Pangan Nasional sedang memastikan distribusi yang lancar, terutama untuk 10 komoditas pangan strategis, sementara pemerintah sedang mengoptimalkan penggunaan tol laut untuk daerah-daerah yang tertinggal, terpencil, dan terluar,” ujar Airlangga.

Menurut Menko Airlangga, pemerintah memberikan dukungan penuh kepada kementerian dan lembaga terkait dalam upaya pengendalian inflasi.

Dukungan ini termasuk alokasi anggaran yang cukup signifikan.

Pada sisi fiskal pusat, realisasi anggaran Kementerian/Lembaga (K/L) hingga 31 Mei 2024 telah mencapai Rp39 triliun, yang setara dengan sekitar 29% dari pagu anggaran sebesar Rp124,16 triliun.

BACA JUGA : Pemprov Kaltim Apresiasi 'Pasar Jogja' di Balikpapan, Peluang Bisnis Para Pelaku UMKM

Selain itu, dari sisi fiskal daerah, realisasi anggaran juga sudah cukup signifikan, mencapai Rp13,56 triliun dari pagu anggaran sebesar Rp92,87 triliun.

Langkah-langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh pihak terlibat dapat berperan aktif dalam mengendalikan inflasi serta menjaga stabilitas ekonomi negara.

Dengan dukungan finansial yang kuat dari pusat dan daerah, diharapkan berbagai program dan kegiatan untuk mengendalikan inflasi dapat berjalan dengan efektif dan optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: