Tujuh Kampung di Berau Masuk 300 Besar Desa Wisata Terbaik Versi ADWI 2024

Tujuh Kampung di Berau Masuk 300 Besar Desa Wisata Terbaik Versi ADWI 2024

Objek wisata Labuan Cermin, kecamatan BidukBiduk yang masuk 300 besar Desa Wisata Terbaik pada ADWI 2024.-istimewa-

BERAU, NOMORSATUKALTIM – Tujuh desa di Berau masuk 300 besar Desa Wisata Terbaik pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

Tujuh desa wisata tersebut yakni: desa wisata BidukBiduk, desa wisata Ekowisata Mangrove Teluk Semanting, desa wisata Kampung Merasa, desa wisata Tulung Ni' Lenggo, desa wisata Payung-Payung, desa wisata Pulau Derawan dan desa wisata Merabu Asik.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas memberikan apresiasi atas capaian yang telah diberikan pemerintah kampung, sehingga dapat melaju ke 300 besar pada ADWI 2024 tersebut.

Menurutnya, dengan adanya desa wisata di Kabupaten Berau, akan semakin memotivasi kampung-kampung lainnya untuk terus berbenah. Sehingga ke depannya dapat mengikuti jejak yang sama menjadi kampung wisata.

BACA JUGA: Berbagai Langkah Pencegahan Dilakukan sebagai Upaya Menekan Angka Kekerasan di Berau

"Tentu ini akan mendatangkan hal yang sangat luar biasa, karena ketika sudah menjadi kampung wisata berarti potensi itu harus dirawat, dijaga dan dijadikan Badan Usaha Milik Kampung (BUMK), begitupun juga dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), itu akan meningkat seiring pariwisata juga meningkat," ujar bupati, Kamis (23/5/2024).

Dirinya berharap, pemerintah kampung dapat mempersiapkan dan menjaga kelestarian desa wisata yang ada di Bumi Batiwakkal. Yang mana, hal itu akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat kampung yang berstatus sebagai desa wisata. Pemkab Berau pun lanjutnya akan terus mendukung demi meningkatkan kampung wisata di Bumi Batiwakkal. 

Terpisah, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, Samsiah Nawir turut bangga atas capaian yang diberikan ke 7 kampung tersebut. Pasalnya, pada ADWI 2024 ini, terdapat sebanyak 6.016 desa yang ikut mencoba peruntungannya sebagai desa wisata terbaik.

"Kami dari Disbudpar Berau merasa terharu dan ikut Bangga sampai ke 300 besar dan masih bertahan sebanyak 7 Desa wisata. Hanya gugur 1 dari 8 desa wisata yang masuk 500 besar," ujarnya.

BACA JUGA:Bupati Berau Serahkan 661 Sertifikat Tanah Kepada Masyarakat Maluang

Untuk itu, dirinya berharap ke 7 desa wisata ini dapat terus melaju hingga ke 100 besar, bahkan masuk hingga 50 besar.

"Untuk penilaian pada ADWI 2024 ini ada 5 kategori, yaitu kategori daya tarik desa wisata, amenitas, digital, kelembagaan dan SDM serta kategori resiliensi," bebernya.

Diakuinya, Desa Wisata Pulau Derawan merupakan desa wisata paling senior di Kabupaten Berau. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pulau Derawan juga merupakan Pokdarwis terbaik se-Kaltim pada tahun 2022 lalu. Ia menyebut Pulau Derawan adalah contoh keberhasilan sinergitas Hexahelix yang memberikan multiplier effect ke masyarakat. 

Selain itu, pihaknya juga akan terus melakukan pembinaan dan peningkatan terhadap kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan-pelatihan yang diberikan setiap tahunnya kepada masyarakat kampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: