Bupati Berau Serahkan 661 Sertifikat Tanah Kepada Masyarakat Maluang

Bupati Berau Serahkan 661 Sertifikat Tanah Kepada Masyarakat Maluang

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas saat menyerahkan sertifikat PTSL kepada masyarakat Kampung Maluang.-(Disway Kaltim)-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas menyerahkan 661 sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada masyarakat Kampung Maluang.

"Sebanyak 661 sertifikat lahan yang akan diserah terimakan. Semoga kedepan, tanah-tanah yang belum tersertifikasi dapat disertifikasi melalui program selanjutnya. Karena itu sangat berperan dalam mewujudkan Bumi Batiwakkal yang maju dan sejahtera," ujar bupati, Kamis (23/5/2024).

Bupati mengatakan, program ini termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN), dan ditargetkan pada tahun 2025 seluruh bidang tanah di Indonesia sudah bersertifikat.

"Program ini merupakan turunan dari Undang-undang Pokok Agraria yang ditujukan kepada 14 pejabat, salah satunya kepada bupati/walikota," ungkapnya.

BACA JUGA : Gelontorkan Rp7,27 Triliun, Pemerintah Target 15 Juta Kendaraan Listrik Mengaspal di 2030

Menurutnya, dengan adanya sertifikat hak pakai lahan ini, akan memberi dan memperkuat legalitas lahan yang nantinya akan dipergunakan oleh masyarakat sehingga tidak menimbulkan

masalah maupun sengketa di kemudian hari.

"Serah terima sertifikat tanah ini merupakan wujud komitmen dan konsistensi kita dalam pelaksanaan program PTSL, yang dapat ditindaklanjuti dengan penataan aset dan akses yang tersedia," ucapnya.

Untuk itu, dirinya berharap Badan Pertanahan Nasional (BPN) Berau turut serta dalam mendukung program ini, sehingga seluruh lahan yang ada di Berau dapat tersertifikasi, terpetakan, dan mendapatkan kepastian hukum.

BACA JUGA : Tiga Kader Gerindra Kaltim Bersaing di Posisi Wakil Gubernur

"Saya juga mendorong jajaran Dinas Pertanahan, kecamatan, kampung dan seluruh perangkat terkait, untuk terus berkoordinasi dengan BPN, agar seluruh urusan yang berkaitan dengan pertanahan dapat berjalan sesuai regulasi yang ada," bebernya.

Kemudian, bupati juga berharap sinergitas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau dengan BPN Berau senantiasa terjalin dengan baik demi pemerataan keadilan bagi masyarakat.

Sementara itu, Kepala Kampung Maluang, Usnadi mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemkab Berau dan juga BPN Berau yang telah membantu masyarakat Kampung Maluang dalam memperoleh sertifikat lahan mereka.

Usnadi mengungkapkan, Program PTSL ini sudah berjalan dari Tahun 2023 lalu dan kembali terealisasi pada tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: