Pemkot Samarinda Akan Terapkan Parkir Elektronik, Bagaimana Nasib Para Jukir Liar?

Pemkot Samarinda Akan Terapkan Parkir Elektronik, Bagaimana Nasib Para Jukir Liar?

Plang e parkir di jalan Panglima Batur (Pasar Pagi) Samarinda.-ari/disway-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Pemkot Samarinda dalam waktu dekat ini akan menerapkan E-Parkir demi kenyamanan masyarakat yang selama ini diresahkan dengan juru parkir (jukir) liar.

“Kami akan hardirkan program parkir berlangganan yang diharapkan dapat merapikan tata kelola parkir di Samarinda yang dilengkapi dengan sistem e-parkir,” ucap Wali Kota Samarinda Andi Harun

Konsepnya adalah berbentuk program parkir berlangganan. Nantinya masyarakat akan diberikan kartu berlangganan parkir. 

“Dengan satu kartu berlangganan, semua kendaraan milik satu individu dapat parkir tanpa repot,” tambahnya. 

BACA JUGA:Festival Samarinda Song Challenge jadi Wadah Musisi Lokal Perkenalkan Karya terbaiknya

Hal tersebut akan selaras dengan konsep smart city yang selalu digaungkan oleh Pemkot Samarinda. Selain itu juga pembayaran parkir secara elektronik ini dapat menekan tingginya angka juru parkir (jukir) liar di Kota Tepian yang makin hari kian meresahkan.

Menurut Andi Harun, para juru parkir liar ini akan dibina dan dipekerjakan dengan layak yang mendapaktan penghasilan standar UMK (upah minimum kota). Serta diberikan jaminan kesehatan demi mewujdukan kenyamanan masyarakat Samarinda.

Namun, agar penertiban jukir liar ini berjalan dengan lancar, Andi Harun ingin Pemkot Samarinda melakukan pendekatan pembinaan terlebih dahulu. Dengan cara mengidentifikasi dan meminta penyelenggara parkir memenuhi syarat-syarat perizinan yang belum terpenuhi dalam jangka waktu tertentu.

“Kami akan meningkatkan pendapatan mereka (jukir,red), sehingga tidak ada lagi kebutuhan untuk mengumpulkan pembayaran parkir tunai dari masyarakat. Kami bertekad untuk menciptakan Samarinda sebagai kota tanpa juru parkir ilegal, hanya juru parkir resmi yang beroperasi,” tegas wali kota.

BACA JUGA:Jemaah Haji asal Samarinda Dijamin Tidak Terpisah dengan Keluarga

Tahun ini rencananya akan direalisasikan karena desainnya sudah disepakati dan siap untuk proses lelang. Dengan sistem kartu ini, para pengguna kartu berlangganan tidak akan dikenakan biaya parkir di lapangan lagi. Karena transaksi non tunai sudah mengurangi kebutuhan untuk pembayaran fisik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: