Optimis Juli Bisa Pindahan, Pembangunan Istana Negara di IKN Sudah Tahap Pengerjaan Interior

Optimis Juli Bisa Pindahan, Pembangunan Istana Negara di IKN Sudah Tahap Pengerjaan Interior

Suasana pembangunan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Senin (12/2/2024). -(Foto/Antara)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Presiden Indonesia dan para stafnya dipastikan bisa mulai boyongan ke Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim) pada bulan Juli mendatang.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa pengerjaan Istana Negara dan Kantor Presiden di IKN saat ini sudah masuk tahap pengerjaan interior.

Basuki menyebut, progres pembangunan Istana Negara di IKN kini sudah mencapai 67 persen. Sedangkan Kantor Presiden telah mencapai 80 persen, sehingga diyakini bisa rampung pada akhir Juni.

"Sekarang sudah pengerjaan arsitektural, pekerjaan interior, ukiran, dan sebagainya. Sedangkan Kantor Presiden itu sudah 80 persen lebih. Jadi semuanya insya Allah selesai pada bulan Juni," kata Basuki usai meninjau proyek Kawasan Istana Presiden (KIP) di IKN, pada Senin (6/5/2024).

BACA JUGA: Siap-Siap, Pemerintah Segera Buka 71.643 Formasi CPNS dan PPPK untuk Ditempatkan di IKN

Ia menambahkan, interior Istana Negara maupun Kantor Presiden didominasi produk dalam negeri. Ornamen dan hiasan lampu merupakan kombinasi ukiran dari berbagai daerah di Indonesia.  

Basuki bilang, hanya segelintir barang impor yang dipasang, demi meningkatkan kewibawaan Istana Negara.

 "Ada lantai labradorite itu dari Afrika, hanya untuk menunjukkan kewibawaan istana," ujar Basuki, dikutip dari Antara.

Sebagai informasi, Istana Negara dan Kantor Presiden di IKN dilengkapi dengan sistem tata udara pintar, sistem penerangan otomatis, tata pembuangan limbah yang mutakhir, dan sistem pembuangan sampah pintar.

BACA JUGA: Keren!! Taksi Terbang dan Kereta Tanpa Rel Bakal Diuji Coba di IKN di Bulan Juli

Di Kantor Presiden terdapat lobi utama, ruang rapat kabinet, ruang audiensi, serta ruang konferensi pers.

Sebelumnya, Kementerian PUPR melalui Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN menyatakan bahwa Istana Negara dan Kantor Presiden dapat digunakan pada Juli 2024.

Kepala Satgas Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Sumadilaga menyatakan, seluruh fasilitas utama ditarget tersedia pada bulan Juli.

Diketahui, titik awal perpindahan Ibu Kota Indonesia ke IKN dimulai saat perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 yang akan digelar di IKN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: