Terjadi Kenaikan Hingga 20%, Pj Gubernur Kaltim Tinjau Arus Mudik di Bandara Sepinggan Balikpapan

Terjadi Kenaikan Hingga 20%, Pj Gubernur Kaltim Tinjau Arus Mudik di Bandara Sepinggan Balikpapan

Pj Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik saat melakukan peninjauan pelaksanaan arus mudik di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, pada Minggu (7/4/2024).- (Dok. Humas Pemprov Kaltim)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan perwakilan dari otoritas bandara Angkasa Pura, melakukan peninjauan terkait pelaksanaan arus mudik di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, pada Minggu (7/4/2024).

Menurut Akmal Malik, untuk memastikan pemudik merasa nyaman dan aman, pihak Angkasa Pura telah menyediakan berbagai fasilitas yang memadai.

Seperti Posko Pusat Komando, Musola dan fasilitas kesehatan bagi para pemudik.

BACA JUGA : Angkut Ribuan Pemudik, 14 Kapal Feri Beroperasi dari Pelabuhan Kariangau Balikpapan

“Kita meninjau semua terkait kelancaran pelaksanaan arus mudik. Tadi posko yang menjadi pusat komando saya lihat bagus, posko kesehatan juga berjalan dengan bagus artinya pelayanan berjalan dengan baik. Musola juga bagus tempatnya,” Ungkap Akmal Malik.

Selain itu, dirinya juga mengapresiasi inovasi yang ada di bandara ini, seperti menyediakan teater pertunjukkan untuk pemudik yang menunggu penerbangan agar memberikan pengalaman yang positif.

Adapun untuk angka penerbangan pada momentum mudik ini, Akmal Malik mengatakan bahwa menurut otorita bandara mengalami kenaikan sebesar 17-20%.

BACA JUGA : Inspirasi! Kumpulan Ucapan Hari Raya Idul Fitri 2024 yang Bisa Dibagikan saat Lebaran

“Kenaikan ini masih sangat memungkinkan karena ditunjang oleh fasilitas yang memadai. Karena memang bandara ini kan kita siapkan untuk menjadi pintu gerbangnya Kalimantan, jadi tidak masalah dengan kenaikan atau lonjakan penumpang,” ujarnya.

Selain itu, menanggapi kenaikan harga tiket pesawat, Akmal Malik mengakui adanya lonjakan harga tiket.

Namun Ia menegaskan bahwa kenaikan tersebut tidak melewati batas atas.

BACA JUGA : Angkutan Sungai Masih Jadi Andalan Masyarakat Kaltim untuk Mudik Lintas Kabupaten

“Prinsip ekonomi lah, supply (pasokan) dan demand (permintaan) berlaku. Saat permintaan naik, pasokan tetap mengikuti. Saat ini, harga tiket berada pada posisi HET (Harga Eceran Tertinggi),” terang Akmal.

Tidak lupa Pj Gubernur Kaltim ini pun mengimbau kepada para pemudik untuk menjaga kesehatan dan keselamatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: