Angkut Ribuan Pemudik, 14 Kapal Feri Beroperasi dari Pelabuhan Kariangau Balikpapan

Angkut Ribuan Pemudik, 14 Kapal Feri Beroperasi dari Pelabuhan Kariangau Balikpapan

Situasi arus mudik Lebaran di Pelabuhan Feri Kariangau, Balikpapan Utara, pada Sabtu (6/4/2024).-(Istimewa)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Ribuan pemudik meninggalkan Kota Balikpapan menggunakan kapal dari Pelabuhan Kariangau menuju Palu dan Mamuju, pada H-4 Lebaran. 

Para penumpang tersebut diketahui menggunakan dua kapal feri, yaitu KMP Swarna Kartika dan KMP Laskar Pelangi. Informasi tersebut disampaikan oleh Koordinator Satuan Pelayanan Penyeberangan Karingau Balikpapan, Karolus Makin.

Ia menerangkan bahwa KMP Swarna Kartika yang berangkat pada Jumat, 5 April 2024 pukul 14.00 Wita tersebut membawa 618 penumpang dan 77 kendaraan.

BACA JUGA: Proyek IKN Berimbas pada Kenaikan Arus Mudik di Sejumlah Titik Keberangkatan Balikpapan

Sementara KMP Laskar Pelangi yang berangkat pada Sabtu, 6 April 2024 pukul 03.20 Wita, membawa 866 penumpang dan 137 kendaraan.

"Alhamdulillah, arus mudik di Pelabuhan Kariangau masih terpantau lancar," ujar Karolus Makin.

Di sisi lain pihaknya mengatakan bahwa terdapat sekitar 46 kendaraan roda dua, 2 mobil pribadi, dan 58 penumpang tidak diberangkatkan karena demi keselamatan pelayaran. Namun para penumpang dan kendaraan tersebut akan diberangkatkan pada jadwal berikutnya.

BACA JUGA: Kebakaran di Sungai Ampal Balikpapan, Satu Bocah Meninggal, Jenazahnya Tertutup Puing-Puing Bangunan 

Adapun untuk saat ini, Karolus menjelaskan bahwa ada 14 kapal feri beroperasi di Pelabuhan Kariangau dengan pola 8 trip. Sebanyak 12 kapal di antaranya beroperasi di Dermaga MB (Moveable Brake) I dan II, sedangkan di Dermaga MB IV masih belum ada kapal yang beroperasi.

Di samping itu, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), cuaca di Pelabuhan Kariangau pada Sabtu (6/4/2024) cerah berawan, dengan angin barat laut - timur laut 4-17 knot, gelombang rendah 0.50 - 1.25 meter, dan jarak pandang 9 kilometer.

BACA JUGA: Dishub Balikpapan Siagakan 175 Personel dan 6 Posko Selama Masa Mudik Lebaran 2024

“Dari informasi cuaca tersebut, aktivitas bongkar muat kendaraan di masing-masing dermaga MB berjalan lancar,” tambah Karoulus Makin.

Terakhir, Karolus menambahkan informasi bagi para pemudik yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai jadwal kapal, dapat menghubungi Kantor Satpel Karingau di nomor telepon (0542) 7023222 atau mengunjungi website www.karingauferry.co.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: