Proyek IKN Berimbas pada Kenaikan Arus Mudik di Sejumlah Titik Keberangkatan Balikpapan

Proyek IKN Berimbas pada Kenaikan Arus Mudik di Sejumlah Titik Keberangkatan Balikpapan

Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Anton Firmanto pada saat melakukan pemantauan arus mudik di Pelabuhan Semayang Balikpapan, pada Jumat (5/4/2024). (Dok. Humas Polresta Balikpapan).--

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Polresta Balikpapan lakukan pemantauan di sejumlah titik lokasi kepadatan arus mudik.

Seperti di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Pelabuhan Semayang, Pelabuhan Feri Kariangau dan Penyeberangan Klotok Kampung Baru.

Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Anton Firmanto mengungkapkan bahwa telah terlihat arus mudik lebaran dari wilayah Kota Balikpapan mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu.

“Di pelabuhan Semayang, sudah 23% arus mudik yang telah keluar dari wilayah Kaltim. Prediksi arus puncak akan terjadi sekitar tanggal 7 April 2024,” ujarnya pada Jumat (5/4/2024).

BACA JUGA : Pelayanan SIM di Balikpapan Libur Selama Lebaran, Catat Tanggalnya

Menuturnya hal ini berkaitan dengan adanya proyek strategis nasional di Kalimantan Timur yang sebelumnya menyerap banyak karyawan dari luar provinsi.

“Proyek-proyek seperti RDMP (Refinery Development Masterplan Program) dan IKN (Ibu Kota Nusantara) ini mempengaruhi. Karena dari situlah banyaknya karyawan yang melaksanakan mudik lebaran,” tambah Kombes Pol Anton.

Pihaknya juga menyatakan bahwa untuk saat ini, hasil pemantauan di IKN sudah menunjukkan penurunan jumlah pekerja, karena sudah banyak yang mudik ke kampung halamannya.

BACA JUGA : Simpan Sabu di Kantong Celana, Polisi Ciduk Mahasiswa di Balikpapan

Disamping itu, Kapolresta Balikpapan juga telah memetakan dan memerintahkan para Bhabinkamtibmas, untuk mengimbau kepada masyarakat Kota Balikpapan yang akan melaksanakan mudik dan meninggalkan rumah, untuk melapor ke RT/RW setempat.

“Data yang masuk akan ditampung oleh Bhabinkamtibmas dan selanjutnya disampaikan kepada satuan tugas (satgas) pre-emptif dan preventif untuk melakukan patroli,” jelas Kombes Pol Anton.

Ia menegaskan bahwa patroli ini bertujuan untuk mengawasi rumah-rumah kosong yang ditinggalkan dalam rangka mudik lebaran kota Balikpapan.

BACA JUGA : Dua Pengusaha Asal Samarinda Ini Berbagi Tips Tetap Bisa Bertahan Jalankan Bisnis: Sedekah

Disisi lain, Kasi Humas Polresta Balikpapan, Ipda Sangidun menghimbau kepada masyarakat agar tidak lupa memeriksa lingkungan rumah sebelum ditinggalkan untuk keperluan mudik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: