Penyebab Kebakaran di Gunung Sari Ulu Balikpapan Masih Diselidiki Petugas Kepolisian

Penyebab Kebakaran di Gunung Sari Ulu Balikpapan Masih Diselidiki Petugas Kepolisian

Bambang Subagya, Kabid Kedaruratan dan logistik BPBD Kota Balikpapan saat berada di lokasi kebakaran, Jumat (1/3/2024).-Disway/Chandra-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Kebakaran terjadi di RT 20 Gunung Guntur, Gunung Sari Ulu, Balikpapan Selatan, pada Jumat (1/3/2024) pagi. Setidaknya tiga bangunan dan lima kepala keluarga (KK) terdampak akibat kebakaran yang diduga berasal dari kompor.

Menurut laporan sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan, melalui Kabid Kedaruratan dan logistik, Bambang Subagya, kebakaran terjadi sekitar pukul 07.15 Wita. Api dengan cepat menjalar dan menghanguskan setidaknya kurang lebih tiga bangunan yang berdekatan.

"Untuk penyebabnya, informasi yang kita dapat di lapangan itu karena dari kompor. Tapi masih diselidiki dari teman-teman kepolisian," ujar Bambang.

Bambang menambahkan bahwa pihaknya menurunkan setidaknya lima unit mobil pemadam kebakaran dan dibantu oleh Brimob dan Polda Kaltim. Namun, proses pemadaman api mengalami kesulitan karena kondisi lalu lintas yang padat di pagi hari.

"Tapi Alhamdulillah sampai pukul 08.15 Wita itu api sudah kita kuasai dan sekarang masih dalam tahap pendinginan," ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa berdasarkan informasi yang diperoleh hingga saat ini, belum ada data mengenai korban jiwa akibat kebakaran tersebut. Namun, kerugian materiil masih dalam proses pendataan.

Atas insiden kebakaran ini, Bambang memberikan himbauan kepada seluruh warga terutama masyarakat Kota Balikpapan cuaca sangat panas bahwa untuk selalu waspada terutama dalam penggunaan kompor maupun listrik. 

“Apalagi ini mendekati bulan puasa. Nah itu kan aktivitas masyarakat tinggi di dapur. Jadi masyarakat harus waspada," pungkas Bambang.

Disisi lain, salah seorang korban, Norma menuturkan, bahwa api pertama kali terlihat dari kamar cucunya di lantai dua rumahnya. 

“Dari kamar cucu saya, dia mau sekolah tapi tiba-tiba ada api di kasurnya,” ujar Norma.

Sementara itu korban lainnya, Indah mengatakan bahwa Ia berusaha menyelamatkan keluarga dan surat-surat berharga setelah mendengar teriakan dari tetangganya. 

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran. Petugas kepolisian masih melakukan penyelidikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: