Tinjau Gudang Bulog di Balikpapan, Pj Gubernur Kaltim Pastikan Stok Beras Aman Sampai Lebaran

Tinjau Gudang Bulog di Balikpapan, Pj Gubernur Kaltim Pastikan Stok Beras Aman Sampai Lebaran

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik tinjau gudang Bulog di Balikpapan, Senin (26/2/2024). -Disway Kaltim/ Chandra---

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik memastikan stok beras di Kaltim aman hingga akhir Lebaran tahun ini. 

Hal ini disampaikannya saat meninjau langsung gudang Bulog di kawasan Gunung Malang, Balikpapan pada Senin (26/2/2024).

"Stok kita tersedia dan cukup, 20 ribuan ton lebih, artinya itu memenuhi kebutuhan masyarakat sampai dengan selesai lebaran nanti,” tegas Akmal.

Akmal menjelaskan, Bulog telah melepas beras ke pedagang dengan harga Rp10.000 per kilogram, dan HET di pasaran adalah Rp10.500.

Sehingga ia menegaskan bahwa jangan sampai terjadi kepanikan di masyarakat karena tugas Bulog adalah untuk menjaga stabilitas.

Adapun untuk pemerintah daerah juga akan melakukan langkah-langkah peningkatan produksi dan mendorong diversifikasi pangan. 

"Kalau semua bergantung dengan beras kan semua akan naik permintaannya," ujarnya.

Menurutnya, salah satu faktor tingginya harga beras ini juga dikarenakan luas wilayah sawah di Kalimantan Timur juga sekarang sedang mengalami penyusutan seiring dengan bertumbuhnya lahan sawit.

Disamping itu, Akmal turut mengapresiasi kinerja Bulog dalam menjaga stabilitas harga beras di Kaltim. 

Sempat disinggung oleh Akmal Malik terkait masalah keluhan masyarakat terkait tingginya harga beras di pasaran dengan harga hingga mencapai 18.000 rupiah, Pimpinan Wilayah Perum Bulog Kantor Wilayah Kaltim-Kaltara, Mersi Windrayani mengatakan, pihaknya tetap menjual beras kepada mitra tetap mengacu pada HET.

“Untuk yang medium 10.500,” ujar Mersi.

Terakhir Akmal Malik pun berterimakasih karena Bulog telah melaksanakan fungsi stabilisasi yang baik. Ia juga bersyukur komunikasi dengan Bulog sampai saat ini berjalan dengan baik.

“Ya harapannya untuk masyarakat Kaltim, khususnya Balikpapan dan Samarinda, tidak perlu panik karena stok beras kita tersedia dengan baik," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: