Akmal Malik: Percayalah, Kaltim All Out untuk IKN

Akmal Malik: Percayalah, Kaltim All Out untuk IKN

Akmal Malik saat mengisi acara Indonesia Bicara, program siar (live) dialog TVRI, di Jakarta, Selasa (7/5/2024).-(Dok. Humas Pemprov Kaltim) -

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik menilai pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan berkah bagi masyarakat di Provinsi Kaltim.

Ini disampaikan Akmal Malik saat berbicara dalam program acara televisi nasional, belum lama ini.

Menurut Akmal Malik, Keberadaan IKN yang meliputi kawasan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara (Kukar) menjadikan Provinsi Kaltim sebagai episentrum bagi pembangunan wilayah barat dan timur Indonesia.

BACA JUGA: Optimis Juli Bisa Pindahan, Pembangunan Istana Negara di IKN Sudah Tahap Pengerjaan Interior

Kemudian, Kaltim juga menjadi mitra strategis sekaligus daerah penyangga, ibu kota negara pengganti DKI Jakarta itu.

"Kaltim menjadi mitra dalam konteks fungsional administratif, tapi secara geografis sebagai penyangga," kata Akmal Malik.

Akmal menjelaskan bahwa, saat ini setiap orang yang masuk ke IKN  harus melewati Samarinda dan Balikpapan sebagai pintu masuknya, termasuk PPU.

BACA JUGA: Keren!! Taksi Terbang dan Kereta Tanpa Rel Bakal Diuji Coba di IKN di Bulan Juli

Selain itu, dalam memenuhi kebutuhan pangan di IKN maka, Kabupaten PPU dan Kabupaten Kukar yang bersentuhan langsung juga telah membuat kawasan dan sentra-sentra pertanian, termasuk kabupaten lain di Kaltim juga Kalimantan Selatan (Kalsel)

"Berarti IKN ini berkah bagi Kaltim juga Kalimantan," ujar Akmal Malik.

Lebih lanjut, Akmal Malik mengatakan bahwa, Dalam hal sumber daya manusia, sebenarnya sejak era kepemimpinan Gubernur Awang Faroek Ishak dan Gubernur Isran Noor telah menggelontorkan beasiswa pendidikan bagi ratusan ribu anak-anak Kaltim.

BACA JUGA: Siap-Siap, Pemerintah Segera Buka 71.643 Formasi CPNS dan PPPK untuk Ditempatkan di IKN

Melalui program tersebut dipastikan SDM di Kaltim telah siap untuk menyambut Pemindahan IKN, termasuk memenangkan persaingan kerja.

"Artinya, kalau dibilang siap, maka Kaltim paling siap untuk IKN," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: