Peta Politik Kabupaten Paser pada Pemilu 2024 Diprediksi Banyak Wajah Baru

Peta Politik Kabupaten Paser pada Pemilu 2024 Diprediksi Banyak Wajah Baru

Rapat paripurna DPRD Paser belum lama ini, diprediksi periode 2024-2029 banyak wajah baru. (Awal/Disway)--

PASER, NOMORSATUKALTIM - Peta politik hingga raihan kursi DPRD Paser pada Pemilu 14 Februari lalu kemungkinan bakal mengalami perubahan.

Mengacu hitungan cepat internal partai politik yang dihimpun awak media ini terdapat partai politik (Parpol) jumlah kursinya bertambah, berkurang hingga hilang.

Antara lain Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari 6 kursi pada periode 2019-2024 saat ini diprediksi bertambah menjadi 12 kursi.

Jika tak ada perubahan dapat dipastikan kursi pucuk pimpinan dewan kembali milik PKB.

Sementara untuk wakil ketua I dan II kemungkinan bakal mengalami perubahan atau terjadi perebutan.

Sebelumnya, periode 2019-2024 untuk wakil ketua I milik dari Partai Demokrat dan wakil ketua II Partai Golongan Karya (Golkar).

Hitungan cepat internal partai, untuk Partai Golkar tampaknya akan tersenyum. Pasalnya, perolehan kursi berpotensi bertambah menjadi 7 dari sebelumnya hanya 5.

Sedangkan Partai Demokrat berkurang dari 6 menjadi 5 kursi perolehan sementara.

"Kami bersyukur target tercapai tujuh kursi. DPD Partai Golkar Paser bisa menambah dua kursi dari sebelumnya hanya 5 kursi," kata Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Paser, Ikhwan Antasari.

Untuk diketahui, periode 2019-2024 di DPRD Paser diisi 11 Parpol. Yakni PKB, Demokrat, Golkar, PDI Perjuangan, Gerindra, NasDem, PAN, PKS, Berkarya, PPP dan PBB. Namun pada Pemilu kali ini diprediksi hanya diisi 6 Parpol untuk 30 kursi yang diperebutkan.

Selain PKB yang berpotensi 12 kursi, Golkar 7 kursi dan Demokrat 5 kursi, kemudian disusul NasDem diprediksi 3 kursi, serta sisanya kemungkinan PDI Perjuangan 2 kursi, Gerindra 1 kursi. Nantinya juga hanya 4 atau 5 fraksi di DPRD Paser periode 2024-2029.

Adapun jumlah petahana yang bersaing sebanyak 23 orang. Hal itu dikatakan Sekretaris DPRD Paser, Muhammad Iskandar Zulkarnain.

Ia menuturkan 7 orang sisanya ada yang bersaing untuk kursi karang paci dan terdapat pula tak ikut kontestasi Pileg 2024.

"Ada lima orang yang melanjutkan di tingkat provinsi (Pileg DPRD Kaltim), yaitu Ramli fraksi PKB, Fadli Imawan Golkar, PDIP ada Budi Santoso, Sutarno dari fraksi PAN dan Ahmad Rapi'i dari NasDem. Sementara Rahmadi dari Golkar dan Noveri Amelia tidak mencalonkan lagi," ucap Zulkarnain, Selasa (20/2/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: