Pemkab Berau Siapkan Anggaran Sebesar Rp 6 Miliar untuk Bantuan Sosial Bagi Masyarakat

Pemkab Berau Siapkan Anggaran Sebesar Rp 6 Miliar untuk Bantuan Sosial Bagi Masyarakat

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Berau, Iswahyudi-Disway Kaltim-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Kabupaten Berau telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 6 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk seribu penerima manfaat melalui skema Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Setiap orang nantinya akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 500 ribu perbulan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten berau, Iswahyudi mengatakan, nominal BLT yang diterima telah meningkat dari yang sebelumnya Rp 250 ribu perbulan, naik menjadi Rp 500 ribu perbulan.

Hal tersebut sesuai dengan instruksi dari Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas tentang kenaikan bantuan dari Pemkab Berau.

"Sudah pernah disampaikan juga oleh bupati kita. Akan ada kenaikan dibeberapa program unggulan Pemkab Berau yang salah satunya BLT bagi anak yatim-piatu dan lansia kurang mampu," ungkap Iswahyudi.

Lanjutnya, Pemkab Berau menginginkan bantuan sosial semacam ini dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas.

Bukan hanya di wilayah kecamatan terdekat, tetapi juga di kecamatan, kelurahan, dan kampung lainnya di Kabupaten Berau, tentu saja berdasarkan kriteria dan ketentuan khusus dari Dinas Sosial Berau.

"Dengan berkoordinasi dengan pihak kecamatan, kelurahan hingga RT kita akan terus melakukan pembaharuan dan pemutakhiran data, sembari terus memberikan pendampingan serta pemberdayaan masyarakat dengan program terpadu," tuturnya.

Iswahyudi menjelaskan, program penyaluran bantuan ini adalah Program Rehabilitasi Sosial, Kegiatan Rehabilitasi Sosial Dasar Penyandang Disabilitas Terlantar, Anak Terlantar, Lanjut Usia Terlantar serta Gelandangan Pengemis di Luar Panti Sosial pada Sub Kegiatan Pemberian Bimbingan Sosial kepada Keluarga Penyandang Disabilitas Terlantar, Anak Terlantar, Lanjut Usia Terlantar serta Gelandangan Pengemis dan Masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan realisasi salah satu dari 18 program unggulan bupati dan wakil bupati  Berau yaitu Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi Fakir Miskin, Yatim Piatu dan Orang Tua Jompo yang terlantar,” terangnya..

Dirinya menambahkan, bantuan sosial diberikan dalam bentuk uang yang pencairannya disalurkan melalui Transfer Bank ke Rekening Penerima di Bank BPD Kaltimtara Cabang Tanjung Redeb setiap triwulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: