Indonesia Angkat Koper dari Piala Asia Setelah Dilumat Australia 4-0

Indonesia Angkat Koper dari Piala Asia Setelah Dilumat Australia 4-0

Timnas Indonesia dipastikan pulang lebih awal dari Piala Asia 2023 setelah digilas Australia 4-0 --

NOMORSATUKALTIM - Australia melaju ke perempat final setelah mengalahkan Indonesia di 16 besar Piala Asia 2023. Socceroos menghajar Skuad garuda dengan telak 4-0 tanpa balas di Jassim bin Hamid Stadion, Minggu 28 Januari 2024.

Kemenangan pasukan Graham Arnold akan menghadapi Arab Saudi atau Republik Korea pada Jumat depan dengan pertaruhan satu tempat di semifinal.

Saat tim Australia berupaya merebut gelar Piala Asia AFC kedua setelah sebelumnya menang di kandang sendiri pada tahun 2015.

Australia memimpin pada menit ke-12 setelah tembakan Irvine mengenai Elkan Baggott sebelum menggandakan keunggulan mereka di menit terakhir babak pertama ketika Boyle menerima umpan silang Gethin Jones dari kanan.

Craig Goodwin menambahkan gol ketiga satu menit sebelum pertandingan usai dengan tendangan voli yang tepat dan, kurang dari dua menit kemudian, Harry Souttar menyundul gol keempat Australia.

Gol Boyle memberi Australia keunggulan yang dibutuhkan untuk mengalahkan lawan yang menolak untuk kagum meskipun ada kesenjangan antara tim-tim di peringkat FIFA. Timnas Indonesia yang dilatih Shin Tae-yong berada 121 peringkat di belakang Socceroos tetapi menunjukkan sedikit tanda-tanda bahwa jurang pemisah seperti itu memang ada.

Pada menit keenam mereka telah mencetak gol, Rafael Struick melepaskan tembakan first-time dari jarak dekat melewati mistar setelah periode penguasaan bola mencapai puncaknya dengan umpan silang Justin Hubner dari kiri.

Maka sangat disayangkan ketika Skuad Garuda sempat tertinggal pada menit ke-12 menyusul serbuan Irvine di kotak penalti.

Sang gelandang mengabaikan tantangan Shayne Pattynama sebelum melepaskan tembakan yang membelokkan Baggott untuk menaklukkan Ernando Ari di tiang dekatnya.

Enam menit menjelang turun minum, Hubner memberi umpan kepada Marselino Ferdinan di sisi kanan dan umpan silangnya mengarah ke sisi jauh area penalti, di mana tendangan voli pertamanya Yakob Sayuri melebar dari sasaran.

Namun, Socceroos memberikan pukulan telak bagi harapan Indonesia pada menit ke-45, Jones mengirimkan umpan silang rendah dari kanan yang memantul di dalam kotak enam yard dan Boyle melemparkan dirinya ke depan untuk memasukkan bola ke dalam gawang.

Indonesia terus menekan dalam upaya untuk memberikan harapan kepada para pendukungnya yang tak kenal lelah.

Namun hasilnya tidak diragukan lagi semenit menjelang pertandingan usai ketika Goodwin melakukan tendangan voli setelah melihat Ernando menangkis penyelamatan sundulan Irvine ke jalur pemain pengganti.

Goodwin kemudian menjadi penyedia dua menit kemudian, memberi umpan kepada Souttar untuk melepaskan sundulan jarak dekatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: