Kampung Batu Majang di Mahulu Dipersiapkan Jadi Tempat Wisata Andalan

Kampung Batu Majang di Mahulu Dipersiapkan Jadi Tempat Wisata Andalan

Kampung Batu Majang di Kecamatan Long Bagun, Mahulu sering dikunjungi wisatawan.-istinewa-

MAHULU, NOMORSATUKALTIM – Setiap desa atau kampung di Mahakam Ulu (Mahulu) masing-masing memiliki potensi wisatanya sendiri, baik budaya maupun alam.

Salah satu kampung di Mahulu yang memiliki potensi wisata yang menarik yakni Kampung Batu Majang. Letaknya di Kecamatan Long Bagun.

Kampung yang sebagian besar di huni oleh penduduk etnis Dayak Kenyah itu kerap kali dikunjungi wisatawan regional maupun wisata mancanegara.

Bahkan di Kampung ini sering dilakukan kegiatan pelatihan pemandu wisata, yang dilakukan oleh Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kaltim dan HPI Mahulu.

BACA JUGA:Long Lunuk dan Long Pahangai jadi Opsi Tempat Pembangunan SMK Negeri di Mahulu

BACA JUGA:Tarik Minat Wisatawan, Pemkab Mahulu akan Gelar Hudoq Pekayang

Terkait hal itu, Sekretaris HPI Mahulu Anastasia Hiyang, menilai potensi wisata di Kampung Batu Majang memiliki peluang yang bagus untuk dikembangkan.

Menurutnya, desa ini memiliki kekayaan alam dan budaya yang patut dikembangkan sebagai percontohan desa-desa wisata lainnya yang ada di Mahulu.

Anastasia menceritakan, pada saat menyambut Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik beberapa waktu lalu dalam kegiatan welcome dinner diadakan di Batu Majang, yang menandakan pentingnya desa tersebut dalam pariwisata daerah.

“Ke depan, Kampung Batu Majang akan ditetapkan sebagai desa wisata. Kami ingin fokus di satu tempat dulu, agar menjadi contoh bagi kampung lain,” kata Anastasia Hiyang, Jumat (4/10/2024).

BACA JUGA:Jelang Event Hudoq Pekayang, Ketersediaan Jaringan Internet di Long Isun Aman

BACA JUGA:Bawaslu Mahulu Siapkan Posko Pengaduan di 50 Kampung, jika Merasa Diintimidasi Bisa Melapor

Selain itu, menurutnya, Kampung Batu Majang juga memiliki potensi dalam pengembangan ekonomi kreatif (ekraf).

Ia memastikan pelaku ekraf di Kampung Batu Majang, kedepannya akan terus berkembang, terutama dengan produk-produk handmade yang sering kali memiliki harga tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: