Sudah 2024 Tapi Belum Punya Financial Goals? Sudah Waktunya Melek Investasi

Sudah 2024 Tapi Belum Punya Financial Goals? Sudah Waktunya Melek Investasi

ilustrasi financial goals.-istimewa-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Mengelola keuangan untuk mencapai financial goals mungkin menjadi salah satu resolusi banyak orang di 2024. Namun banyaknya tujuan finansial yang ingin dicapai sering menjadi tantangan untuk mengatur keuangan.

Financial goals sendiri adalah target finansial yang ingin kamu capai dalam kurun waktu tertentu. Misalkan untuk jangka pendek atau panjang. Sayangnya banyak dari kita masih belum memahami pentingnya menetapkan Financial goals. Sehingga yang terjadi hanyalah pengeluaran yang bersifat konsumtif, tanpa menyisihkan beberapa rupiah untuk kebutuhan akan datang.

Berikut ini tips atur keuangan untuk capai financial goals kamu:
1.    Buat skala prioritas
Buatlah terlebih dulu skala prioritas dan jangka waktu investasi baik itu jangka pendek, menengah hingga jangka panjang. Dengan mengatur skala prioritas dan jangka waktu investasi, kamu bisa lebih fokus dalam mewujudkan tujuan keuangan serta menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki.

2.    Spesifik
Selanjutnya membuat tujuan dengan spesifik atau sejelas mungkin. Misalnya kamu ingin membeli mobil merek A dengan harga Rp 100 juta. Dengan begitu kita bisa memerhitungkan dan berupaya agar bagaimana caranya tujuan itu bisa sesegera mungkin terealisasi.

3.    Realistis dan Achievable
Jangan lupa pastikan kamu membuat goals yang realistis dan achievable (dapat dicapai). Maksudnya adalah jangan membuat tujuan yang sulit dicapai, jadi kamu harus sesuaikan juga goals yang diinginkan dengan kemampuan yang kita miliki.
Contoh goals yang tidak realistis misalnya kamu ingin membeli super car seharga Rp1 miliar di akhir tahun nanti. akan tetapi penghasilan kamu perbulannya hanya Rp15 juta, nah tentunya goals ini sangat tidak relevan dan realistis untuk kamu ya.

4.    Tentukan Waktunya
Hal yang tidak kalah penting yang harus diperhatikan dalam membuat goals adalah menentukan waktu kapan tujuan kamu harus segera terwujud.
Hal ini agar kamu bisa lebih bersemangat. Semakin dekat waktu targetnya akan semakin terpacu juga semangat kamu untuk segera mewujudkan goals yang sudah direncanakan tadi.

5.    Buat Langkah nyata
Ketika sudah membuat apa saja goals yang ingin kita capai, lengkap dengan kurun waktunya, kita bisa mulai memecah langkah-langkah untuk mencapai tiap goal tersebut. Misalkan menginvestasikan uang kamu ke platform digital dalam bentuk tabungan investasi digital. Bisa berbentuk saham, reksadana atau crypto. Lalu atur alokasi investasi tersebut sesuai dengan tujuan, jangka waktu (term) dan juga profil risiko kamu.

Misalkan goal kita adalah ingin mempunyai dana pensiun senilai Rp 2 miliar dalam waktu 30 tahun. Nah, biasanya di beberapa aplikasi reksadana akan membantu kamu menawarkan berapa uang yang harus kamu sisihkan per bulannya demi mencapai financial goals yang kamu inginkan. Setelah kamu mulai menginvestasikan uang kamu, jangan lupa untuk lakukan review per tiga bulan untuk melihat perkembangan yang sudah kamu kerjakan.

6.    Konsisten
Konsisten menabung dan berinvestasi di awal memanglah sulit. Tapi, kalau ini sudah di lakukan secara rutin, makan akan menjadi sebuah habit atau kebiasaan financial baru bagi kamu. Satu hingga tiga bulan pertama mungkin akan terasa berat, tapi jika setiap bulan kamu konsisten investasikan uang kamu, maka financial goals yang kamu tetapkan akan semakin dekat pula digapai.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: