Jangan Termakan Hoax Pasca Bentrokan Massa di Kota Bitung, Menkominfo : Gunakan Platform Digital dengan Bijak

Jangan Termakan Hoax Pasca Bentrokan Massa di Kota Bitung, Menkominfo : Gunakan Platform Digital dengan Bijak

Menkominfo RI, Budi Arie Setiadi-Menkominfo-

NOMORSATUKALTIM - Menteri Komunikasi dan Infomrasi (Menkominfo) RI Budi Arie Setiadi buka suara terkait bentrokan massa di Kota Bitung, Sulawesi Utara. Ia menegaskan publik diminta untuk tidak terhasut terkait pemberitaan yang mengarah kepada berita bohong alias hoax.

"Kami mengimbau kepada seluruh warga bangsa agar menggunakan semua platform digital dengan bijak. Bersama mari wujudkan Indonesia yang damai dan bermartabat," tegas Budi, dikutip Minggu, 26 November 2023.

Budi menyarankan masyarakat untuk sabar dan menunggu konfirmasi resmi dari pihak pemerintah terkait.

"Jika ingin yang tepat, bisa menghubungi otoritas Pemerintah Daerah di sana, serta seluruh Musyawarah Pimpinan Daerahnya," tambahnya.

Sebelumnya media sosial dikejutkan dengan insiden kerusuhan di Kota Bitung pada Sabtu, 25 November 2023 sore WITA. Kerusuhan tersebut diduga melibatkan kelompok massa pro Israel dan pro Palestina. Menurut beberapa sumber, bentrokan diduga karena terjadi kesalahpahaman.

Diketahui sekelompok massa sedang melakukan aksi damai bela Palestina di Kota Bitung. Di saat bersamaan, sekelompok ormas juga sedang menggelar aksi HUT. Kedua kelompok massa lalu bertemu dan terjadi gesekan.

Wali Kota Bitung Maurits Mantiri telah mengonfirmasi bahwa kondisi terkini di wilayah sudah aman terkendali. Ia meminta kepada masyarakat Kota Bitung untuk tidak terprovokasi. Maurits juga menegaskan, masyarakat diminta untuk tidak menyebarkan foto dan video hoax.

"Untuk itu marilah kita bersama-sama mendukung upaya pemerintah di lapangan dengan tidak menyebarkan foto dan video yang dapat memprovokasi berbagai pihak," tegasnya.

Situasi saat ini tim gabungan TNI-Polri tengah berjaga siaga 1 di berbagai kawasan Kota Bitung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id