Tingkatkan Pendidikan dan SDM, Pemkab Mahulu akan Bangun Politeknik

Tingkatkan Pendidikan dan SDM, Pemkab Mahulu akan Bangun Politeknik

Mahulu, nomorsatukaltim.com – Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) bertekad membangun Politeknik. Di mana institusi perguruan tinggi tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus sumber daya manusia (SDM) di kabupaten termuda di Kaltim itu.

Kamis, 9 September 2021 lalu, Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH, ME  yang diwakilkan oleh Sekda Mahulu dr.Stephanus Madang, S.Sos,MM. Melakukan audensi dengan  Kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan. Kedatangan Pemkab Mahulu tersebut disambut hangat oleh Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan Prof.Dr.Ir.H Udiansyah, M.S. di Aula Rapat Kantor L2DIKTI Jalan Adhiyaksa, Banjarmasin.

Audensi tersebut berkaitan dengan rencana pembentukan Politeknik di Mahulu, sekaligus bersilaturahmi dengan LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan. Turut mendampingi sekda dalam kunjungan tersebut , Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Mahulu, Feridiana Hendoq, S.Pd dan Rektor Universitas Borneo Tarakan (UBT) Prof. Dr. Adri Patton, M.Si yang menjadi fasilisator dan pendamping.

Stephanus Madang menuturkan kunjungan ini adalah upaya mewujudkan cita-cita mulia Bupati dan Wabup Mahulu. Yang menginginkan peningkatan kualitas pendidikan dan SDM di Kabupaten Mahulu.

“Kedatangan kami salah satunya adalah dalam konteks pengembangan SDM di Mahulu, ini merupakan cita-cita mulia Bapak bupati yang tertuang dalam visi dan misi untuk terus berupaya meningkatkan pendidikan di Mahulu. Dengan rencana mengembangkan dan membentuk Politeknik, sehingga, pendirian perguruan tinggi di wilayah perbatasan, sangat diharapkan dan akan membawa dampak peningkatan sumber daya manusia daerah secara signifikan,” Stephanus Madang pada nomorsatukaltim.com- Disway News Network (DNN).

mahulu

Ia menambahkan rencana pembangunan Politeknik ini masih dalam tahap awal. Masih banyak proses yang harus dilalui sebelum warga Mahulu bisa berbangga memiliki perguruan tinggi di dalam daerah sendiri.

“Oleh sebab itu kami memerlukan banyak masukan dan petunjuk bagaimana langkah–langah yang perlu kami lakukan dalam mewujudkan pembentukan Politeknik di Mahulu,” lanjutnya.

Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan Prof. Dr. Ir. H Udiansyah, M.S sangat mengapresiasi keinginan Kabupaten Mahulu yang merupakan daerah perbatasan dan baru berusia 8 tahun. Sudah langsung berupaya membangun perguruan tinggi. Karenanya, pihaknya memastikan bakal memberi dukungan.

“Saya sebagai orang Dikti kalau ada keinginan meningkatkan SDM di Mahulu khususnya, dan SDM Indonesia pada umumnya. Kita sangat mendukung sekali,” jelas Udiansyah

“Kita akan bantu seperti  asistensi, terus apa yang kurang kita bisa berkoordinasi dan siap mendukung dan membantu,” sambungnya.

Menurut Udiansyah, ada beberapa persyaratan dan prosedur pendirian perguruan tinggi vokasi yang harus dilengkapi. Secara garis besar, beberapa persyaratan tersebut yaitu terkait aspek legalitas badan penyelenggara, aspek dosen, program studi yang akan dibuka, kecukupan lahan, fasilitas, dan lain sebagainya. (adv/rdi/ava)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: