Vaksin Datang di Kukar, Hanya Cukup untuk Dosis Kedua dan Ketiga Nakes

Vaksin Datang di Kukar, Hanya Cukup untuk Dosis Kedua dan Ketiga Nakes

Kukar, nomorsatukaltim.com - Akhirnya Dinas Kesehatan (Diskes) Kutai Kartanegara (Kukar) mulai menyuntikkan vaksin dosis ketiga. Kepada seluruh tenaga kesehatan (nakes) di Kukar. Setelah mendapatkan kiriman vaksin dari Diskes Kalimantan Timur (Kaltim).

Vaksin yang datang pada Sabtu (7/8/2021) pagi inipun, langsung disuntikkan kepada nakes yang berada di Kecamatan Tenggarong terlebih dahulu. Terutama nakes yang bertugas di RSUD AM Parikesit Kukar, dan RS Darurat Wisma Atlet Kukar. Kepala Diskes Kukar, Martina Yulianti. Menjelaskan vaksinasi pun dilakukan bertahap hingga dua pekan ke depan. Tidak secara serentak. Kepada 4.689 nakes. Dikarenakan vaksin dosis ketiga jenis Moderna ini memiliki efek samping yang lebih kuat dibanding CoronaVac. Vaksin yang digunakan nakes pada dosis pertama dan kedua. Penerima vaksin dipastikan akan mengalami demam setelah menjalani vaksinasi. Dan itu lumrah terjadi bagi penerima vaksin jenis Moderna. Untuk itu, dalam dua pekan kedepan. Secara bergantian nakes di seluruh Kukar akan terjadwal menerima suntikan dosis ketiga ini. Untuk hari pertama setelah kedatangan vaksin Moderna. Diutamakan Kecamatan Tenggarong terlebih dahulu. Terutama yang bertugas di RSUD AM Parikesit Kukar, dan RS Darurat Wisma Atlet Kukar. "Ya itu bertahap, jadi tidak boleh serentak, nanti pada demam (perawat), gak ada yang merawat pasien," sebut Martina pada Disway Kaltim dan nomorsatukaltim.com, Sabtu (7/8/2021) lalu. Selain, efek samping yang ditimbulkannya. Penyuntikan vaksin secara bertahap inipun, lantaran mekanisme penyimpanan dan penggunaannya berbeda dengan CoronaVac. Vaksin Moderna harus dibekukan dengan suhu dibawah nol derajat. Sehingga ketika akan disuntikkan, harus dicairkan terlebih dahulu. Sifatnya pun harus segera disuntikkan. Jika terlanjur keluar dari penyimpanan dan mencair, tidak bisa lagi dilakukan penyimpanan. Maka dari itu, ujar Martina penggunaannya pun tepat sasaran. Dalam artian dipastikan berapa jumlah dosis yang akan digunakan dan kapan dilakukan penyuntikan. Maka dari itulah, pengiriman ke kecamatan dari Tenggarong akan berjalan tiap hari. Setelahnya, barulah Diskes Kukar kembali berfokus pada pemberian vaksinasi kepada masyarakat umum. "Mudahan dua pekan selesai semua. Menyelesaikan vaksin nakes dulu, baru mulai vaksin untuk masyarakat lagi," ujarnya lagi.

HANYA CUKUP UNTUK DOSIS KEDUA

Tak hanya vaksin ketiga untuk nakes saja, Diskes Kukar pun kembali dapat jatah vaksin untuk masyarakat umum. Jumlahnya pun tidak terlalu banyak. Diperkirakan hanya kembali memenuhi kebutuhan vaksinasi dosis kedua saja. Bagi masyarakat yang telah menjalani vaksinasi dosis pertama jangka waktu sebulan lalu. Jumlah yang didapatkan oleh Diskes Kukar pun terbatas. Tidak disebutkan secara gamblang. Namun diperkirakan berkisar 6 ribu dosis saja. Vaksin tersebut merupakan jatah yang dibagi dari Diskes Kaltim, yang hanya mendapat kiriman sekitar 24 ribu dosis dari pemerintah pusat. Dibagi kepada 10 kabupaten dan kota di Kaltim. "Sementara cukup untuk dosis kedua saja," lanjut Martina. Jumlah yang diterima tersebut, di luar jumlah vaksin dosis ketiga untuk nakes di Kukar. Jenisnya vaksinnya pun berbeda. Masih CoronaVac dari Sinovac untuk masyarakat umum dosis kedua. Serta vaksin Moderna untuk dosis ketiga khusus nakes. Tentu jumlah tersebut, dipastikan tidak mencukupi jumlah antrian penerima vaksin yang ada di Kukar. Di tengah antusiasme masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi dari pemerintah. Namun setidaknya masyarakat harus sedikit bersabar. Menunggu tambahan vaksin dan giliran mereka tiba. (mrf/zul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: