PPKM Lanjut atau Setop, Satgas COVID-19 Kutim Tunggu Instruksi Pusat

PPKM Lanjut atau Setop, Satgas COVID-19 Kutim Tunggu Instruksi Pusat

KUTIM,nomorsatukaltim.com – Senin (2/8/2021) jadi hari terakhir digelarnya Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 di Kutai Timur (Kutim). Langkah selanjutnya, masih belum dapat diputuskan. Tim Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 memilih untuk menunggu instruksi dari pemerintah pusat.

Wakil Ketua Satgas COVID-19 Kutim, sekaligus Komandan Kodim 0909/SGT, Letkol Cze Pabate membenarkan hal tersebut. Menurutnya, kini belum ada keputusan apapun yang diambil tim Satgas. Meskipun sudah masuk hari terakhir PPKM dijalankan.

“Kami di tim Satgas masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat. Jadi belum ada keputusan apapun,” ucap Dandim.

Menurut Pabate, perihal itu dikarenakan PPKM level 4 di Kutim disematkan oleh pemerintah pusat. Sehingga tim Satgas di daerah hanya menjalankan saja keputusan itu. Jika dinyatakan berlanjut maka harus dijalankan, begitu pula sebaliknya.

“Jadi apapun keputusan dari pusat terkait kelanjutan PPKM kami di daerah harus mengikutinya,” imbuhnya.

Konsekuensi dari penerapan PPKM level 4 di Kutim cukup banyak. Mulai dari pembatasan aktivitas berkerumun masyarakat hingga penyekatan ruas jalan di dalam kota. Menanggapi hal itu, Pabate menilai perlu ada pembahasan lebih lanjut ke depannya.

“Bentuk kegiatannya nanti akan dibahas lebih jauh. Apakah berdampak dengan penurunan penyebaran COVID-19 atau tidak,” sebutnya.

Jika menilik data dari surveilans Kutim, angka penularan virus COVID-19 terus meningkat. Jika pada awal Juli lalu penularan pada kisaran 70 orang per hari. Kini angkanya menembus ratusan. Bahkan pada 30 Juli lalu angka positif mencapai 441 dalam sehari.

Apalagi untuk kasus meninggal juga ikut naik. Dari rata-rata 4 kasus di awal Juli, kini melonjak hingga di atas 10 kasus. Sementara indikator untuk bebas dari PPKM level 4 mengenai dua hal tersebut. Seperti, angka kasus terkonfirmasi COVID-19 sudah melandai. Angka kesembuhan meningkat, serta angka kematian menurun. Sehingga bukan tak mungkin, PPKM level 4 masih diberlakukan di Kutim.

Namun Pabate menilai segala upaya sudah dikerahkan tim Satgas COVID-19 Kutim. Maka tinggal bagaimana keputusan dari pemerintah pusat. Baik itu dilanjutkan atau tidak pihaknya siap untuk menjalankan prosedur yang berlaku.

“Semua sudah berjalan dan tunggu keputusan dari pusat. Kalau ada maka perlu dievaluasi kembali efektivitas dari kegiatan yang dijalankan selama PPKM level 4 ini,” tandasnya. (bct/zul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: