Tingkatkan SDM Pelaku UMKM, Bupati Ingin Produk Tembus Pasar Luar Berau

Kamis 21-12-2023,10:10 WIB
Reporter : Rizal Mahodtra
Editor : Tri Romadhani

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Bupati Berau Sri Juniarsih meminta kepada jajaran Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag), untuk terus melaksanakan pembinaan dan pendampingan kepada pelaku usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM).

 

"UMKM yang ada saat ini sudah berjalan cukup bagus, tapi saya minta pendampingan, pembinaan kepada UMKM bisa berjalan dengan baik," kata Bupati Sri Juniarsih, Rabu (20/12/2023).

 

Berau, lanjutnya, memiliki potensi pariwisata yang unggul. Untuk itu, harus diiringi dengan pertumbuhan pelaku-pelaku usaha.

 

"Sehingganya, kunjungan wisatawan ke Berau tidak hanya sekadar berlibur, melainkan juga bisa memberikan dampak peningkatan ekonomi kepada pelaku usaha," ujarnya.

 

Menurutnya, produk hasil olahan dari para pelaku usaha di Berau banyak yang jarang ditemui di daerah lain. Sehingga, hal itu diharapkan jadi peluang besar masyarakat untuk memanfaatkan potensi pariwisata sebagai sumber penghasilan dengan menjajakan produk olahannya.

 

“Kita harus akui, potensi pariwisata yang dimiliki Berau memang sangat luar biasa. Jadi, harus didampingi UMKM yang ada,” ujarnya.

Terkait perlengkapan syarat administrasi dan legalitasnya, menurut Bupati, hal itu tentu harus jadi perhatian bersama. Dirinya ingin produk olahan UMKM tidak hanya berputar di dalam Berau saja, melainkan bisa menembus pasar luar Berau.

 

“Untuk itu, UMKM harus menaikkan kelasnya, sehingga marketnya bisa sampai keluar Berau,” imbuhnya.

Kategori :