Dewan Harap Perekrutan Guru di Kaltim Perlu Pemerataan di Semua Sekolah

Rabu 08-11-2023,19:00 WIB
Reporter : Sammy Laurens
Editor : Sammy Laurens



Samarinda, nomorsatukaltim.disway.id - Persoalan kekurangan tenaga pendidik atau guru di Kalimantan Timur (Kaltim) hingga kini belum diatasi secara maksimal, bahkan sampai saat ini di sejumlah sekolah yang ada masih banyak membutuhkan guru terlebih di daerah pedalaman.

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Jawad Sirajuddin mengatakan dalam penempatan guru di semua sekolah sangat diperlukan pemerataan baik sekolah di kota maupun sekolah yang ada di daerah pedalaman.

Selama ini, kata dia, perekrutan guru lebih banyak ditempatkan di kota ketimbang di daerah pedalaman, padahal jumlah murid di semua sekolah rata-rata sama baik di kota maupun di pedalaman. Akibatnya ketimpangan pendidikan masih terus terjadi.

Menurutnya, jika hal itu terus terjadi maka dikhawatirkan akan ada kecemburuan sosial diantara tenaga pendidik.

Selain itu, lanjut dia, persoalan kekurangan guru di Kaltim selama ini salah satu penyebabnya karena tidak ada keseimbangan antara jumlah guru yang pensiun dengan guru yang baru.

"Kan setiap tahun ada pasti ada guru yang pensiun bahkan ada yang meninggal, jadi seharusnya ini perlu keseimbangan, Jangan sampai lebih banyak yang pensiun dibandingkan dengan guru yang baru, yang jelas pasti ada kekurangan," jelas Politikus PAN ini.

"Kita harapkan ada keseimbangan, antara guru yang pensiun dan yang baru, Kemudian penempatannya juga perlu ada pemerataan di semua sekolah," tambahnya. (adv)

Kategori :