Realisasi Investasi Kaltim September Baru Rp 55 Triliun, Yakin Capai Target Rp 76 T Akhir Tahun?

Realisasi Investasi Kaltim September Baru Rp 55 Triliun, Yakin Capai Target Rp 76 T Akhir Tahun?

Kepala DPMPTSP Kaltim Fahmi Prima Laksana.-Salsabila/Disway-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalimantan Timur (Kaltim) membeberkan angka realisasi target investasi di Provinsi Kaltim mulai 2020 hingga 2024.

Pemaparan tersebut, berlangsung pada kegiatan Jumpa Pers, di Aula Warung Informasi Etam Kaltim (WIEK), Jumat (18/10/2024).

Kepala DPMPTSP Kaltim Fahmi Prima Laksana menjelaskan terkait tugas pokok dan fungsi dari DPMPTSP itu sendiri. Yakni membantu Pemprov Kaltim dalam urusan investasi, baik itu penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA).

Ia menyebut realisasi investasi di tahun 2020 hingga 2023 Kaltim selalu melebihi target.

BACA JUGA:Kasus Stunting Lima Kabupaten/Kota di Kaltim Meningkat, Dinkes Kaltim Perkuat Program Gizi Seimbang

BACA JUGA:Negara-Negara Eropa Tertarik Investasi Pengembangan Energi Terbarukan di Kaltim

"Hanya saja, di tahun 2024 ini, realisasinya masih belum mencapai target. Tercatat per September 2024 realisasinya baru Rp 55,82 Triliun, sementara Kaltim ditargetkan Rp 76,02 Triliun," katanya saat diwawancarai, Jumat 18 Oktober 2024.

Walau begitu, pria yang kerap disapa Fahmi itu menyakini adanya rasa percaya diri target yang ditetapkan dapat terelisasi, bahkan lebih. 

Meski terdapat beberapa kendala seperti promosi yang belum komperehensif, kurangnya aksesibilitas, dan ketersediaan infrastruktur penunjang investasi.

BACA JUGA:Pemkab Berau Luncurkan Siap Didik untuk Transformasi Pendidikan

Kemudian, rendahnya daya saing sektor unggulan, kurangnya pendampingan terhadap pelaku usaha, dan keterlambatan proses perizinan.

“Banyak kendala aja kita selalu melebihi target. Oleh karenanya kami akan terus berusaha maksimal agar realisasi investasi di 2024 ini mencapai target bahkan lebih," tegasnya.

Apalagi, ujar Fahmi, DPMPTSP juga merupakan mitra strategis Ibu Kota Negara (IKN). Hal tersebut menjadi strategi agar para investor semakin tertarik berinvestasi di Kaltim.

BACA JUGA:Jadwal Debat Kandidat Pilkada Balikpapan 2024, Disiarkan Langsung di TV Nasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: