Lestarikan Makanan Khas, Pemkab Berau Gelar Festival Jajanan Kue Tradisional

Lestarikan Makanan Khas, Pemkab Berau Gelar Festival Jajanan Kue Tradisional

Lomba Ancur Paddas, Puncak Rasul dan Festival Jajanan Khas Tradisional tahun 2024 di Kabupaten Berau.-(Disway Kaltim)-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Festival Jajanan Kue Tradisional (FJKT) 2024 digelar, kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan hari jadi ke-71 Kabupaten Berau dan ke-214 Kota Tanjung Redeb.

Salah satu event yang digelar FJKT 2024 yaitu lomba Ancur Paddas dan Puncak Rasul, yang dilaksanakan di lapangan Pemuda Tanjung Redeb, Selasa (17/9/2024).

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas mengucapkan, atas nama Pemerintah Kabupaten Berau, dirinya sangat menyambut baik terselenggaranya kegiatan lomba ancur paddas dan Puncak Rasul dan juga festival jajanan kue tradisional.

Hal tersebut merupakan upaya Pemkab Berau untuk melestarikan makanan khas Berau yang sudah semestinya diketahui oleh generasi muda, pendatang maupun wisatawan dari luar yang datang berkunjung ke Kabupaten Berau.

"Acara ini menjadi sebuah acara rutin yang bukan hanya dinikmati oleh masyarakat Berau saja, tetapi juga para pengunjung luar Berau bahkan internasional," ucapnya.

BACA JUGA : LBH Sikap Balikpapan Kritik Rencana Kenaikan Dana Operasional RT di Masa Pilkada 2024

Dikatakannya, adanya lomba kuliner khas pada kali ini menjadi ajang promosi kebudayaan Berau yang sangat luar biasa. Bupati mengajak masyarakat Berau untuk bergembira pada hari jadi Kabupaten Berau tahun ini.

"Semoga kita senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan. Kita semakin Solid untuk menjaga kelestarian budaya yang ada di Kabupaten Berau," ujarnya.

Dirinya juga menekankan kepada dinas yang terkait untuk mempromosikan Bulan September sebagai waktu khusus, karena bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Berau dan Kota Tanjung Redeb, maka berbagai kegiatan menarik akan dilaksanakan. Hal tersebut bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Berau.

"Jika ini dilaksanakan, tentu akan memberikan keuntungan untuk peningkatan ekonomi masyarakat," tuturnya.

BACA JUGA : Potensi Industri Halal Sangat Besar, Jokowi Minta Pengusaha Bidik Pasar Global

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, Ilyas Natsir menjelaskan, Ancur Paddas dan Puncak Rasul adalah makanan khas sultan dan masyarakat Berau.

Pada tahun ini, dalam lomba Ancur Paddas dan Puncak Rasul melibatkan praktisi hotel untuk menjadi juri.

Kedepan, dirinya berharap semua organisasi yang ada di Kabupaten Berau dan lembaga apapun dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: