Bupati Berau Minta Masyarakat Aktif Sampaikan Kebutuhan

Bupati Berau Minta Masyarakat Aktif Sampaikan Kebutuhan

Bupati Berau, Sri Juniarsih mas-(Disway/Sahruddin)-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau terus berupaya mensejahterakan masyarakat yang menggantungkan hidupnya  di berbagai sektor, khususnya pertanian, perkebunan dan perikanan.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas mengatakan bahwa, dirinya selalu mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk terus meningkatkan ekonomi para petani di Bumi Batiwakkal. Hal itu sejalan dengan komitmen Pemkab Berau yaitu meningkatkan ekonomi masyarakat dengan optimalisasi sektor hilir sumber daya alam dan pertanian.

"Dalam arti luas yang berbasis kerakyatan dan pengembangan usaha berbasis kearifan lokal," ujarnya, Minggu (18/8/2024).

BACA JUGA : Peringati HUT RI KE-79, Bupati Mahulu: Maknai Hari Kemerdekaan Dengan Semangat Juang

Bupati juga meminta para penyuluh pertanian untuk aktif berperan dalam menyampaikan ilmu dan teknologi pertanian, penggerak dalam perubahan, yang tujuannya adalah peningkatan produktivitas, ketahanan pangan, dan kesejahteraan petani.

Untuk itu, dirinya meminta kepada para petani untuk aktif mengajukan proposal kepada pemerintah daerah. Sebab, Pemkab Berau memiliki keterbatasan untuk menjangkau semua petani.

"Kami tidak mungkin dapat menjangkau seluruh daerah pertanian di Berau. Jika memang membutuhkan bantuan tolong dikoordinasikan dengan instansi teknis," ucapnya kepada Nomorsatukaltim.

"Saya khawatir, para petani tidak kebagian porsi anggaran jika hanya menunggu," sambungnya.

BACA JUGA : Studi: Memberikan HP ke Anak Tantrum, Memperlemah Kemampuan Mereka Mengontrol Emosi

Kendati demikian, dirinya meminta OPD terkait seperti Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP), Dinas Perikanan, Dinas Pangan dan Dinas Perkebunan Berau, untuk segera memproses proposal yang diajukan para petani agar dapat ditindaklanjuti.

Sebab, dirinya telah banyak menemukan proposal yang meminta bantuan kepada Pemkab Berau, namun tidak terealisasi tepat waktu.

"Jangan sampai proposal mereka yang dari 2023 baru terealisasi tahun 2024. Terlalu lama, saya sudah pernah mendapati hal itu," bebernya.

BACA JUGA : Tradisi Unik Info Bencana Balikpapan, Cuci Mobil dengan Air Kembang hingga Bagikan HT Untuk Perkuat Koordinasi

Selain itu, pihaknya juga melaksanakan program pemberian bantuan stimulan seperti, sapronak, saprodi dan alsintan. Serta mewujudkan sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan yang maju berbasis teknologi.

"Proposal bantuan juga bisa ditujukan langsung kepada bupati Berau. Nanti saya akan perintahkan langsung kepada OPD terkait untuk diproses," ucapnya.

"Ini bentuk kepedulian terhadap para petani dengan mempercepat proses permohonan agar terealisasi," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: