Momentum HUT RI ke-79, Wali Kota Balikpapan Tekankan Persatuan dan Pelestarian Adat Kebudayaan Kaltim

Momentum HUT RI ke-79, Wali Kota Balikpapan Tekankan Persatuan dan Pelestarian Adat Kebudayaan Kaltim

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud. (Disway/ Chandra)--

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-79 RI di BSCC Dome Balikpapan, pada Sabtu (17/8/2024) pukul 10.00 Wita dihadiri oleh Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud dan didampingi sang istri, Nurlena Rahmad.

Rahmad Mas’ud mengaku meskipun sebelumnya mendapatkan undangan dari Ibu Kota Nusantara (IKN), dirinya tetap memilih hadir dan merayakan detik-detik proklamasi ini bersama dengan masyarakat Balikpapan, dan menyaksikan pengibaran bendera yang dilaksanakan oleh petugas pengibar bendera dari pelajar SMA terpilih yang ada di Balikpapan.

"Kita sebenarnya ada undangan (dari) IKN, tapi di sini kami hadir sebagai wujud kebersamaan kami dengan warga Balikpapan, juga tokoh-tokoh masyarakat Balikpapan," ujar Rahmad Mas'ud, saat ditemui awak media, Sabtu (17/8/2024) siang.

BACA JUGA : Baju Pangeran Kutai Jadi Pilihan Jokowi saat Upacara HUT RI ke-79 di IKN

Ia menegaskan pentingnya menjaga persatuan di tengah pemindahan Ibu Kota Negara.

"Tentunya, perlu kebersamaan yang sinergis dari semua pihak untuk mensukseskan dan membangun kota yang kita cintai," tambahnya.

Rahmad juga menekankan agar generasi muda Balikpapan memiliki semangat juang dan tidak mudah menyerah.

BACA JUGA : Mifta Pelajar SMA 4 Samarinda, Bangga Menjadi Pembawa Baki di Upacara HUT Ke-79 Republik Indonesia

Dalam kesempatan yang sama, ia hadir didampingi oleh Nurlena Rahmad yang mengenakan pakaian adat dari Suku Paser Balik, sebagai perhatian khusus pada pelestarian budaya lokal. 

“Beliau kan asli suku Paser Balik, jadi pakai baju adatnya,” ujar Rahmad.

Rahmad juga mengatakan bahwa pakaian adat Paser Balik yang telah dimodifikasi ini, menjadi simbol pentingnya mempertahankan nilai-nilai budaya di tengah arus globalisasi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: