Baju Pangeran Kutai Jadi Pilihan Jokowi saat Upacara HUT RI ke-79 di IKN

Baju Pangeran Kutai Jadi Pilihan Jokowi saat Upacara HUT RI ke-79 di IKN

Presiden Jokowi didampingi Menhan Prabowo Subianto dan Ketua DPR Puan Maharani saat memimpin upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di IKN, Sabtu (17/8/2024).-(Foto/Antara)-

IKN, NOMORSATUKALTIM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih mengenakan baju adat Kustin asal Kalimantan Timur saat memimpin upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada Sabtu, 17 Agustus 2024. 

Baju adat ini merupakan pakaian khas suku Kutai yang terinspirasi dari kebesaran Kesultanan Kutai Ing Martadipura.

Presiden Jokowi tiba di Mimbar Kehormatan sekitar pukul 10.56 WITA, didampingi oleh Ibu Iriana Jokowi yang juga mengenakan busana serupa. 

Baju adat Kustin yang dikenakan Jokowi terdiri dari atasan berwarna hitam terbuat dari bahan beludru, dengan ukiran emas di bagian depan yang memberikan kesan mewah dan megah. 

BACA JUGA: Ketua DPR RI Ingatkan, Negara Harus Hadir Tanpa Menunggu Viral

BACA JUGA: Bawaslu Kukar Temukan Dugaan Pemalsuan Daftar Dukungan pada Bapaslon Perseorangan

Busana tersebut dipadukan dengan kain dodot bermotif batik dan celana panjang, serta dilengkapi dengan hiasan kepala berbahan beludru hitam yang dihiasi ukiran emas dan bulu-bulu.

Makna Baju Adat Kustin

Baju adat Kustin yang dikenakan Presiden Jokowi pada upacara peringat HUT ke-79 RI ini merupakan baju bangsawan Kesultanan Kutai ing Martadipura. 

Pada masanya, baju adat ini hanya dikenakan oleh anak raja atau Pangeran Kesultanan Kutai. 

Seiring berjalannya waktu, baju Kustin juga dikenakan oleh masyarakat umum dalam momen-momen tertentu, seperti upacara adat dan perayaan penting lainnya.

BACA JUGA: Bupati Edi Resmikan Rumah Bahagia, Gerakan Bersama Cegah Stunting di Muara Kaman

BACA JUGA: Tanggapi Pidato Presiden, Yohanes Avun Sebut Mahulu Belum Merdeka 

Sejarah Baru Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: