Ketua DPR RI Ingatkan, Negara Harus Hadir Tanpa Menunggu Viral

Ketua DPR RI Ingatkan, Negara Harus Hadir Tanpa Menunggu Viral

Ketua DPR Puan Maharani memimpin Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2024 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024). -(Foto/Antara)-

JAKARTA, NOMORSATUKALTIM – Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan, pentingnya kehadiran negara dalam merespons berbagai permasalahan masyarakat dengan cepat dan efektif, tanpa harus menunggu isu menjadi viral di media sosial. 

Hal ini disampaikan Puan dalam pidato pengantar Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, pada Jumat (16/8/2024).

"Kehadiran negara jangan menunggu viral for justice. Kehadiran negara adalah hadirnya keadilan dan kesejahteraan bagi rakyat," ujar Puan dalam pidatonya. 

Ia menekankan bahwa semakin banyak masalah yang dihadapi rakyat membutuhkan kehadiran negara yang responsif. 

BACA JUGA: Visi Misi Calon Wali Kota Balikpapan di Pilkada 2024 Harus Sesuai RPJPD 2025-2045

BACA JUGA: 40 Anggota DPRD Kutai Timur Resmi Diberhentikan, Juliansyah Bacakan Keputusan Gubernur Kaltim

Jika negara terlambat merespons, rakyat cenderung memviralkan masalah tersebut di media sosial untuk mencari keadilan, fenomena yang dikenal sebagai "no viral, no justice."

Puan mengajak seluruh lembaga kekuasaan negara, termasuk DPR RI, DPD RI, pemerintah pusat dan daerah, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, TNI, dan Polri, untuk menjalankan tugas mereka dengan responsif, cepat, dan efektif dalam menyelesaikan masalah rakyat. 

"Lembaga kekuasaan negara harus menjalankan kekuasaan negara secara efektif, responsif, cepat, memperhatikan rasa keadilan, dan rasa kepatutan dalam menangani setiap urusan rakyat sehingga rakyat merasakan kehadiran negara,” tegasnya.

Sidang Tahunan 2024 mengusung tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju," yang mencakup Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, serta Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024—2025. 

BACA JUGA: Bapaslon Isran-Hadi Segera Menggelar Konsolidasi dan Jumpa Pers Perdananya

BACA JUGA: DPD Golkar Kaltim Tetap Solid Meski Airlangga Hartarto Mundur

Dalam rangkaian acara ini, Presiden Joko Widodo menyampaikan laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan pidato kenegaraan terkait HUT ke-79 RI.

Megawati Tidak Hadir di IKN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: