Hujan Lebat Landa Balikpapan, Berakibat Longsor di Sejumlah Wilayah

Hujan Lebat Landa Balikpapan, Berakibat Longsor di Sejumlah Wilayah

Longsor yang terjadi di Prapatan akibat hujan deras yang melanda Balikpapan, Jumat (9/8/2024).-Chandra Ismi-nomorsatukaltim.disway.id

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Sejumlah titik di Kelurahan Prapatan, Balikpapan, Kalimantan Timur, dilaporkan mengalami insiden longsor, Jumat (9/8/2024). Setidaknya hingga pukul 08.30 Wita, tercatat ada 6 RT di daerah Prapatan yang longsor. 

Musibah longsor tersebut diperkirakan akibat turunnya hujan yang relatif deras di sebagian besar Kota Balikpapan. Menurut pantauan BMKG Kaltim, hujan yang terjadi tergolong berintensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. 

Dimana sebarannya meliputi Kota Balikpapan Balikpapan Timur, Balikpapan Barat, Balikpapan Utara, Balikpapan Tengah, Balikpapan Selatan, Balikpapan Kota. 

Sementara itu, Lurah Kelurahan Prapatan, Reza Dipa Pradeka, mengonfirmasi bahwa kejadian longsor-longsor itu diperkirakan terjadi sekitar pukul 07.00 Wita saat dia menerima laporan awal dari warga.

BACA JUGA: 506 Kepala Daerah Sudah Konfirmasi Hadiri Upacara HUT ke-79 RI di IKN (disway.id)

"Untuk sementara ini (longsor) dikarenakan curah hujan yg tinggi dan intensitas waktunya yang cukup lama," ujar dia. 

Lebih lanjut, dia mencatat dalam satu RT ada beberapa titik yang terdampak longsor. Namun secara kalkulasi, rata-rata tiap RT terdampak 1 titik longsor. 

Namun secara keseluruhan, total titik longsor di Prapatan tercatat sebanyak 15 titik. Terbanyak ada di RT 14, RT 34, dan RT 9 dengan masing-masing 3 titik longsor. 

Adapun saat dikonfirmasi lebih lanjut soal jumlah jiwa terdampak, Reza sendiri masih akan mendata terlebih dahulu. 

BACA JUGA: Rekomendasi DPP PKB Keluar, Usung Fahmi-Ikhwan Antasari di Pilkada Paser (disway.id)

"Saya masih keliling ini di lokasi karena ada beberapa titik longsor," imbuhnya. 

Sementara itu, BPBD Balikpapan telah menyebar personelnya untuk melakukan evakuasi yang diperlukan. Termasuk di kawasan Kelurahan Prapatan.

Dia mengimbau agar masyarakat agar meninggalkan lokasi kalau berbahaya. 

Sementara itu, mengacu prakiraan BMKG, hujan deras ini akan berlangsung hingga pukul 11.30 Wita, dengan level siaga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: