Tidak Sanggup Tampung Volume Sampah, TPA Manggar Diperkirakan Penuh pada Tahun 2026

Tidak Sanggup Tampung Volume Sampah, TPA Manggar Diperkirakan Penuh pada Tahun 2026

Tumpukan sampah zona 2 di TPA Manggar Kota Balikpapan - (Disway/Salsa)-

“Tahun ini sudah ada dua TPST dan ini masih proses instalasi mesin-mesin dan sebagainya. Kalau di Balikpapan kan ada 6 kecamatan, targetnya sih minimal uji coba itu satu kecamatan ada satu TPST bisa mengolah sekitar 30 ton sudah lumayan,” sambungnya.

TPAS Manggar sendiri menerima dan mengolah sampah dari seluruh wilayah Kota Balikpapan, dengan jumlah sampah per hari 350 – 400 ton diangkut oleh sekitar 200 kendaraan pengangkut sampah dari pemerintah dan swasta.

Sementara luas lahan TPAS Manggar sekira 40 hektar, dan tujuh zona untuk penimbunan sampah dengan luas keseluruhan mencapai 17 hektar.

BACA JUGA : Volume Sampah Balikpapan Naik Signifikan, Dampak Proyek Strategis Nasional?

Adapun lima dari tujuh zona penimbunan sampah tersebut, yaitu zona 1 sampai zona 5 telah penuh dan ditimbun tanah. Sehingga ditumbuhi rumput, semak belukar, dan pepohonan yang tidak terlihat lagi sampahnya. 

“Saat ini zona yang aktif menerima sampah setiap hari adalah zona 6, dan masih tersisa 1 zona sebagai cadangan yaitu zona 7,” sebutnya.

Ia mengungkapkan, TPAS Manggar Kota Balikpapan juga masih dalam tahap kajian terkait apakah zona-zona yang penuh itu dapat dilakukan penggalian kembali. 

“Sekitar 3 tahun kedepan hingga 2026 mungkin hanya mampu menampung 500 ribu ton. Jadi misalnya zona 1 atau 2 yang sudah penuh, kita garuk, gali, dan pilah lagi sampahnya. Nanti lubangnya bisa kita pakai lagi, itu juga sebagai upaya juga untuk antisipasi 2026, sebab sampah tidak ada hentinya,” urainya.

BACA JUGA : Penyeberangan di Balikpapan Pakai Alat Bantu, Difabel Makin Mudah Menyeberang Jalan

Ia berharap, kesadaran masyarakat juga semakin maju untuk melaksanakan pemilahan sampah, baik sampah organik yang dapat diolah menjadi pupuk kompos atau pakan ternak.

Sedangkan sampah anorganik dapat dijual ke bank sampah. 

“Jika pemilahan sampah dilaksanakan secara maksimal maka sampah yang masuk ke TPA akan berkurang secara signifikan juga,” tutupnya.

Sebagai informasi, jam operasional penerimaan sampah di TPAS Manggar adalah mulai pukul 01.00 sampai pukul 16.00 Wita setiap harinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: