Pengalaman Naik BCT ke Terminal Batu Ampar, Ongkos Rp 0, Sopir Ramah, Fasilitas Full AC

Pengalaman Naik BCT ke Terminal Batu Ampar, Ongkos Rp 0, Sopir Ramah, Fasilitas Full AC

Awak redaksi Nomorsatukaltim menjajal naik BCT atau Bacitra untuk mendapatkan sensasi langsung menumpang moda transportasi baru di Kota Balikpapan.-(Disway Kaltim/ Salsa)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Setelah berhenti beroperasi selama dua pekan, Balikpapan City Trans (BCT) kembali uji coba mengangkut penumpang mulai Jumat, 2 Agustus 2024.

Untuk mendapatkan pengalaman langsung, saya menjajal menumpang BCT atau Bacitra. Demi merasakan sensasi langsung keliling Kota Balikpapan menggunakan transportasi massal bantuan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tersebut.

Kebetulan sekali siang itu, hujan turun membasahi Kota Minyak, nama lain Kota Balikpapan. 

Sebelum menuju ke Terminal Batu Ampar, saya pergi ke Gedung Klandasan untuk membeli oleh-oleh makanan untuk dibawa pulang ke Samarinda.

BACA JUGA: Langkah-Langkah Polda Kaltim Amankan Perayaan HUT RI Ke-79 di IKN

BACA JUGA: Formasi CASN Paser hanya Untuk Tenaga Teknis dan Nakes

Dari berita yang beredar, selama masa uji coba, penumpang Balikpapan City Trans tidak dikenakan biaya. Sebab, Kementerian Perhubungan menetapkan tarif Balikpapan City Trans masih Rp.0,- di tiga koridor utama. 

Di antaranya, koridor A yang menghubungkan Pelabuhan Semayang dan Bandara SAMS Sepinggan, koridor B melayani rute Terminal Batu Ampar - Plaza Balikpapan via Jalan Ahmad Yani, dan koridor C akan melayani rute Terminal Batu Ampar - Plaza Balikpapan via Jalan MT Haryono.

Sembari menunggu oleh-oleh makanan dikemas, saya pun mengunduh aplikasi Mitra Darat. 

Di situ saya dapat melihat berapa lama BCT akan tiba di halte depan Gedung Klandasan, yang berlokasi di Jalan Sudirman itu secara real time.

BACA JUGA: KNPI Mahulu: Pemuda Jangan Jadi Objek Politik di Pilkada 2024

BACA JUGA: Supir Truk Asal Bone Gelap Mata, Setubuhi Istri Orang Lalu Dibunuh, Mayat Dibuang di Tenggarong Seberang

Tidak begitu lama, sekitar tujuh menit BCT pun tiba. Pintu terbuka otomatis, penumpang yang naik langsung disediakan sistem pembayaran elektronik, hanya dengan menempelkan kartu e-money dari berbagai bank. 

Salah satunya Bank Mandiri bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menghadirkan e-money edisi khusus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: