Langkah-Langkah Polda Kaltim Amankan Perayaan HUT RI Ke-79 di IKN

Langkah-Langkah Polda Kaltim Amankan Perayaan HUT RI Ke-79 di IKN

Wadirlantas Polda Kaltim, AKBP Roni Mustafa. -chandra/disway-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Untuk menyukseskan perayaan HUT RI ke-79 di Ibu Kota Negara (IKN), Polda Kaltim merancang langkah pengamanan demi kelancaran acara. 

Pengamanan ini melibatkan kerja sama antara berbagai instansi. Mulai dari petugas lalu lintas, Sabhara, dan Dinas Perhubungan, yang akan mengatur jalur bagi tamu-tamu penting dan undangan.

Menurut Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Kaltim, AKBP Roni Mustofa, pihaknya telah menyiapkan rute khusus untuk tamu VVIP, VIP dan undangan lainnya.

BACA JUGA:Omaygot Hadir sebagai Upaya Kurangi Tumpukan Sampah Organik di Balikpapan

"Rute yang disiapkan akan meliputi segmen 3A-3B, termasuk Jembatan Pulau Balang, Simpang Riko, Simpang Pemaluan, dan Sumbu Kebangsaan Barat," jelas AKBP Roni, Senin (5/8/2024). 

Polda Kaltim juga akan bekerja sama dengan Polda Kalimantan Selatan dan Polda Kalimantan Tengah, untuk memastikan pengamanan dan pengaturan lalu lintas berjalan lancar. Misalnya dengan penambahan personel.

AKBP Roni menambahkan bahwa meskipun anggota polisi sudah berpengalaman, mereka akan menjalani pelatihan tambahan sebelum acara.

BACA JUGA:Kontraktor Balikpapan Minta Lebih Diperhatikan, Sekda: Audiensi Saja dengan DPU

"Pelatihan tambahan akan diberikan meskipun anggota sudah paham tugasnya," tegasnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa personel dari berbagai instansi akan ditempatkan di setiap jalur untuk mencegah kemacetan yang mungkin terjadi.

Untuk masyarakat yang ingin menyaksikan perayaan, lokasi khusus akan disediakan dengan pengawasan dari personel Sabhara untuk mengatasi potensi masalah lalu lintas.

"Kami ingin mengingatkan masyarakat bahwa akses kendaraan roda 4 dan roda 6 di area IKN akan dibatasi tiga hari sebelum 17 Agustus," tambah AKBP Roni.

BACA JUGA:Ratusan Personel Polda Kaltim Berlatih Intensif Jelang HUT ke-79 RI di IKN

Pemerintah Daerah setempat juga telah menyiapkan videotron di berbagai lokasi untuk memfasilitasi warga yang ingin mengikuti upacara HUT RI tanpa harus berada di lokasi acara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: