Peringatan HUT RI Ke-79 di Mahulu Terancam Sepi Tanpa Hiburan Rakyat

Peringatan HUT RI Ke-79 di Mahulu Terancam Sepi Tanpa Hiburan Rakyat

Pemkab Mahulu saat melaksanakan rapat persiapan pelaksanaan peringatan HUT RI ke-79.-istimewa-

MAHULU, NOMORSATUKALTIM - Peringatan HUT RI ke-79 di Mahulu bakal tidak ada hiburan rakyat. Cuma upacara bendera pada 17 Agustus 2024 saja.

Warga Mahulu terutama di pusat kabupaten tentu saja diharapkan bersabar. Sebab peringatan HUT RI di Mahulu jauh berbeda dengan di daerah lain, yang selalu ramai dengan berbagai macam hiburan seperti pawai pembangunan dan lainnya.

Di Mahulu sendiri, pawai pembangunan memang belum pernah dilaksanakan. Namun di tahun sebelumnya sering melaksanakan kegiatan kesenian dan kebudayaan, termasuk kegiatan olahraga. Ketiadaan kegiatan jelang HUT RI ke-79 ini diduga karena tidak memiliki anggaran yang cukup.

BACA JUGA:Jelang HUT RI Ke-79, Kesbangpol Mahulu Imbau Warga Pasang Bendera Merah Putih di Rumah

"Mengenai kegiatan pendukung lain seperti olahraga dan kesenian, kalau memang tidak tersedia anggaran ya jangan dipaksakan," kata Wakil Bupati (Wabub) Mahulu Yohanes Avun, Senin 2 Agustus 2024.

Yohanes Avun mengatakan hendaknya Badan Kesbangpol bersama instansi terkait lainnya, melakukan kegiatan persiapan pengibaran bendera sesuai tahapan yang telah direncanakan.

"Tahun ini dijadikan pembelajaran pada tahun anggaran 2025 mendatang, agar dapat dipersiapkan dengan matang jauh hari sebelumnya," ujar Avun.

BACA JUGA:Akses Internet Mahulu Sulit, Penerapan Kurikulum Merdeka Tak Lancar

Saat ini, Kesbangpol Mahulu telah memfokuskan pembinaan anggota paskibraka yang nantinya bertugas saat upacara bendera.

Kepala Kesbangpol  Mahulu, Angelbertus Ibrahim menyebutkan bahwa jumlah anggota Paskibraka tahun ini mengalami peningkatan.

"Total keseluruhan sekitar 70 orang yang termasuk di dalamnya unsur Pembina dan Pelatih, untuk pelajar sebanyak 50 orang," sebutnya.

BACA JUGA:Antisipasi Kerawanan Pilkada 2024, Polres Mahulu Rutin Latihan Dalmas

Saat ini, puluhan anggota paskibraka tersebut sedang menjalani masa pelatihan, dan berfokus di Bumi perkemahan yang terletak di kecamatan Laham.

“Nanti Pengukuhan anggota Paskibraka Mahulu direncanakan pada tanggal 15 Agustus mendatang bertempat di Kantor Bupati,” ungkapnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: