Alasan Jokowi Gunakan Motor saat Resmikan Jembatan Pulau Balang

Alasan Jokowi Gunakan Motor saat Resmikan Jembatan Pulau Balang

Presiden Jokowi mengendarai motor custom bersama sejumlah selebritas sebelum meresmikan Jembatan Pulau Balang, Kaltim pada Minggu (28/7/2024).-(Foto/IG @jokowi)-

"Bagus, paling tidak ada contoh-contoh dulu, meskipun itu belum selesai. Masih ada satu lapisan lagi di atasnya, nanti langsung kelihatan mulusnya nanti," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menitipkan pesan kepada Menteri PUPR agar area sisi jalan tol dibuat super hijau melalui penanaman pohon maupun rumput. "Tapi yang paling penting, kanan kirinya, harus super hijau," katanya.

BACA JUGA: Kapolri Mutasi 10 Kapolres, Salah Satunya dari Kaltim

Peresmian Jembatan Pulau Balang

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo meresmikan Jembatan Pulau Balang di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Minggu (28/7/2024). 

Peresmian ini menandai pencapaian penting dalam pengembangan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada sore hari ini saya resmikan Jembatan Pulau Balang di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur,” ujar Presiden dalam sambutannya.

Jembatan yang dibangun sejak tahun 2015 dengan anggaran sebesar Rp1,4 triliun tersebut merupakan salah satu proyek strategis untuk mendukung konektivitas antar wilayah di Kalimantan Timur. 

Selain menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara, jembatan ini juga akan menjangkau Provinsi Kalimantan Selatan.


Presiden Jokowi meresmikan Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Ibu Kota Nusantara, pada Minggu (28/7/2024).-(Foto/IG @jokowi)-

BACA JUGA: Rela Tunggu Sejam Demi Jokowi, Ojol Ini Berhasil Koleksi 4 Kaos

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Timur, Reiza Setiawan, mengatakan bahwa saat ini pembangunan Jembatan Pulau Balang sudah memasuki tahap akhir dengan proses beautifikasi, termasuk pengecatan dan penambahan lampu. 

Manfaat utama dari Jembatan Pulau Balang adalah mempercepat akses dari Balikpapan menuju IKN. Sebelumnya, perjalanan dari Balikpapan ke IKN melalui jalan nasional memakan waktu sekitar 2,5 jam. Dengan adanya jembatan dan jalan tol yang fungsional, waktu tempuh akan berkurang menjadi 1,5 jam.

Reiza menjelaskan, meskipun jalan tol yang menghubungkan jembatan belum sepenuhnya selesai, uji coba operasional dilakukan dengan rencana penggunaan terbatas hingga pekerjaan selesai sepenuhnya. 

“Jadi nanti kami setelah ini akan tetap lakukan fungsional secara terbatas, sambil teman-teman menyelesaikan sampai 100 persen pekerjaan jalan tol-nya,” ucap Reiza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: