TMMD ke-121 Dimulai, Kodim 0904/Psr Bantu Buka Jalan Usaha Tani di Desa Sunge Terik

TMMD ke-121 Dimulai, Kodim 0904/Psr Bantu Buka Jalan Usaha Tani di Desa Sunge Terik

Peninjauan pembukaan jalan usaha tani program TMMD ke-121 di Desa Sunge Terik, Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser. (Awal/Disway Kaltim)--

PASER, NOMORSATUKALTIM - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 pada 2024 mulai dilakukan Kodim 0409/Psr. Lokasinya di Desa Sunge Terik, Kecamatan Batu Sopang.

Dengan sasaran fisik pembukaan badan jalan usaha tani sepanjang 2 kilometer dengan lebar 8 meter, pembuatan jembatan ulin yang panjangnya 30 meter dan lebar 4 meter, pembangunan 1 unit rumah layak huni, hingga pemasangan gorong-gorong di tiga titik.

"Pembangunan jembatan ulin diperuntukkan untuk pikap dengan muatan 5 ton," kata Dandim 0904/Psr Letkol Inf Ary Susetyo, saat meninjau lokasi TMMD Sunge Terik, Rabu (24/7/2024).

Kemudian sasaran non fisik yang mencakup penyuluhan peternakan, stunting, suluh Kamtibmas dan bahaya narkoba, sosialisasi pertanian, penyuluhan bela negara, kampanye kreatif rekrutmen TNI.

BACA JUGA : Peringatan Hari Otonomi Daerah 2025 Digelar di Balikpapan, Pj Gubernur: Esensinya Kemandirian

"Ada penyuluhan Posbindu PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) dan Posyandu, serta pengobatan massal," tuturnya.

Sementara pada TMMD ini juga terdapat sasaran tambahan, yakni rehab masjid, rumah tidak layak huni (RTLH), mandi cuci kakus (MCK), ketahanan pangan, TNI Manunggal Air Bersih berupa sumur bor, penanaman pohon, stunting dan pembersihan sungai.

"Sasaran tambahan mengacu pada program unggulan KSAD," sebut Ary.

Ditargetkan program TMMD ke-121 Kodim 0904/Psr di Desa Sunge Terik rampung pada pekan ketiga Agustus mendatang.

Dengan selesainya nanti bakal mempermudah akses warga, khususnya pembukaan jalan usaha tani.

BACA JUGA : Sudah Tangani Tujuh Kasus Selama 2024, Polres Mahulu Imbau Masyarakat Jauhi Narkoba

"Harapannya sebelum 22 Agustus semua sudah klir, selesai. Dengan terbukanya jalan bisa dinikmati masyarakat yang selama ini susah mengangkut hasil panen di wilayah Desa Sunge Terik," terang Ary.

Di tempat yang sama, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) Paser, Murhariyanto, mengatakan, program TMMD menjadi wujud kepedulian TNI membantu pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga pelaksanaan TMMD sebagai karya bakti yang dilakukan bersama-sama TNI dan seluruh masyarakat.

"TMMD juga menjadi motivasi, menumbuh-kembangkan dan memperkuat kesadaran, semangat dan gotong royong serta kepedulian," ucap Murhariyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: