Sosok Ibu Dayang Kartini Dalam Kenangan Masyarakat Kukar

Sosok Ibu Dayang Kartini Dalam Kenangan Masyarakat Kukar

Ibu Dayang Kartini Semasa Hiudpnya Berziarah ke Makam Suaminya, Alm Syaukani Hasan Rais-istimewa-

“Selama saya mendampingi beliau (Almh Dayang Kartini,red.) sebagai ajudan, kalau ada acara pas waktu makan beliau lebih senang makan dengan rakyat biasa. Lebih suka membaur. Saya sering diajak ibu makan bakso atau soto gerobakan pinggir jalan,” ungkapnya.

Ketika ditanya terkait kebiasaan beliau semasa hidupnya, Nery menjelaskan kalau Ibu Dayang Kartini sangat sering mengumpulkan orang yang membantu beliau di sekitar rumah. 

“Kata ibu jumat berkah. Langsung masing masing disuruh antri untuk dibagi uang. Hal kecil, tapi terasa sangat besar dan sangat membekas buat kami semua, kami sangat sayang beliau,” tuturnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara, Sunggono pun turut memberikan kenangannya agar bisa diabadikan dan dinikmati bersama terkait sosok Perempuan hebat Almh Ibu Dayang Kartini.

Ia pung turut memberikan ucapan bela sungkawanya.

Ia mengenal Almh Ibu Dayang Kartini sejak beliau menjabat sebagai Ketua PKK Kabupaten Kukar.

Dia adalah wanita yang sangat sensitif dan peduli terhadap pembangunan kualitas perempuan dan anak.

"Beliau adalah sosok Wanita sederhana, lembut dan penuh kasih sayang. Beliau juga Istri yg sabar setia. Ini kesan saya terhadap Almarhumah (Dayang Kartini,red)," ucap Sunggono.

Tak hanya keluarga ataupun birokrat saja yang punya kesan dari pribadi Ibu Dayang Kartini yang lemah lembut terhadap sesama. Para Politisi yang berada di Kukar pun juga turut menuangkan kesannya dalam tulisan ini. 

Seperti Politisi Senior, Awang Yacoub Luthman. Ia melihat figur Ibu Dayang Kartini adalah sosok yang sabar,lemah-lembut dan setia, ketika dia mendampingi Alm Suaminya, Syaukani Hasan Rais ketika pejabat menjadi orang nomor satu di Kabupaten Kukar.

“Beliau (Almh Ibu Dayang Kartini,red.) adalah seorang ibu yang sangat sabar. Jadi beruntunglah yang menjadi anak-anak beliau,” ucap Pria yang kerap disapa AYL.

Dari kesabaran Beliau, AYL melihat Ibu Dayang Kartini adalah sosok yang tepat mendampingi Suaminya (Alm Syaukani), mengingat karakter Alm Syaukani berwatak tegas dan keras.

“Meskipun kedua sifat mereka anomali (berbeda,red.), tapi inilah hakikat cinta sejati yang menjadikan pasangan ini bisa saling melengkapi,” terangnya.

Selain AYL, Wakil DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara, Alif Turiadi juga melihat sosok Almh Ibu Dayang Kartini adalah contoh wanita berhasil dalam membina keluarga.

Tak hanya mendampingi Suaminya saja ketika menjadi Bupati Kukar, Beliau pun berhasil mendampingi anaknya, Rita Widyasari menjadi Bupati yang banyak dicintai oleh masyarakat Kukar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: