Menakar Kekuatan Penantang Petahana di Pilkada Balikpapan 2024

Menakar Kekuatan Penantang Petahana di Pilkada Balikpapan 2024

Ilustrasi-(Foto/Freepik)-

Oleh: Ariel Aditya Rahmat*

DALAM setiap gelaran Pilkada, yang selalu menjadi menarik adalah pertempuran antar calonnya. Di kota Balikpapan sendiri, yang sudah pasti akan kembali maju adalah sang petahana yakni Rahmad Mas’ud, walikota yang menjabat saat ini. 

Rahmad Mas’ud dengan partainya Golkar bisa maju sendiri tanpa adanya gabungan dengan partai lain. 

Seperti yang kita ketahui bahwa Golkar adalah partai pemenang Pemilu 2024 di Kota Minyak, dengan perolehan 16 kursi. Diketahui, syarat untuk mengusung Kepala Daerah pada Pilkada Balikpapan adalah 9 kursi. 

Rahmad Mas’ud sendiri, saat ini belum juga mendeklarasikan siapa yang akan mendampingi dirinya untuk maju bersama pada konstestasi Pilkada kali ini. 

Baca Juga: KPU Balikpapan Tolak Pendaftaran Joy Nashar-Mayasusi, Pilkada Balikpapan Tanpa Calon Independen

Beberapa nama mencuat seperti Ketua DPRD Kota Balikpapan, Abdulloh hingga politisi Partai Gerindra, Bagus Susetyo. 

Abdulloh adalah politisi Golkar dan juga sebagai pemenang sekaligus memperoleh suara terbanyak pada Pemilu Legislatif 2024 kemarin. Ia maju sebagai Calon Anggota DPRD Kaltim 2024-2029. 

Namanya mencuat akan mendampingi Rahmad Mas’ud pada Pilkada kali ini, dengan melihat suara yang diperoleh pada gelaran Pemilu Legislatif kemarin yang dimana memperoleh kurang lebih 48 ribu suara dalam hasil pleno PPK Kota Balikpapan. 

Abdulloh berhasil mengalahkan perolehan suara saudara Rahmad Mas’ud, yakni Hasanuddin Mas’ud yang juga merupakan ketua DPRD Kalimantan Timur.

Baca Juga: Abdulloh Cetak Sejarah, Melenggang ke Karang Paci Sabet 51 Ribu Suara

Sementara Bagus Susetyo merupakan Politisi Partai Gerindra. Balihonya banyak tersebar di sudut-sudut kota dengan tagline “Bagus Siap untuk Kemajuan Balikpapan”.

Jika dilihat dari elektabilitasnya, menggandeng Abdulloh merupakan pilihan yang sangat tepat bagi Rahmad Mas'ud. Dengan bekalnya sebagai Ketua DPRD Kota Balikpapan dan juga pemenang sekaligus peroleh suara terbanyak pada Pemilihan Legislatif DPRD Provinsi Kalimantan Timur 2024 kemarin. 

Abdulloh juga cukup senior didunia perpolitikan Kota Balikpapan dengan sederet  pengalaman yang telah dilalui dan juga mempunyai basis pendukung yang besar jelas akan menguntungkan sang Petahana Rahmad Mas’ud yang terbilang cukup rendah elektabilitasnya dalam beberapa survei. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: