Razia Kendaraan Bermotor di Balikpapan, Ratusan Kendaraan Terjaring

Razia Kendaraan Bermotor di Balikpapan, Ratusan Kendaraan Terjaring

Razia gabungan yang menyasar kendaraan bermotor di Balikpapan, pada Jumat (19/7/2024).-(Dok. Humas Polresta Balikpapan)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Pemeriksaan kendaraan bermotor yang digelar oleh gabungan instansi terkait dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Balikpapan berlangsung di Jalan Syarifuddin Yoes, Sepinggan, pada Jumat (19/7/2024).

Satlantas Polresta Balikpapan, Kompol Ropiyani menerangkan bahwa tujuan dari pemeriksaan kendaraan yakni untuk memastikan kelengkapan dan masa berlaku surat kendaraan.

Sebanyak 30 personel gabungan dari Satlantas Polresta Balikpapan, Dispenda, dan Jasa Raharja turut berpartisipasi dalam operasi ini.

BACA JUGA: Helikopter Jatuh di Bali Gara-gara Tali Layangan, 5 Orang Jadi Korban

“Dari hasil pemeriksaan pada hari ini, sebanyak 263 kendaraan terjaring, terdiri dari 194 motor dan 69 mobil,” ujar Kompol Ropiyani kepada Nomorsatukaltim.

Selanjutnya 15 motor di antaranya teridentifikasi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang sudah tidak berlaku, sementara tidak ada mobil dengan STNK yang mati.

“Pengendara yang terdata suratnya mati diharapkan segera melakukan pembayaran melalui Mobile Online Bapenda,” tambah Ropiyani.

BACA JUGA: Masuk Kategori IKP Tinggi, Bawaslu Kubar Ajak Bersama Awasi Pillkada 2024

Pada operasi kali ini juga berhasil mengumpulkan pajak kendaraan sebesar Rp 14.446.500, serta barang bukti tilang berupa 10 SIM, 10 STNK, dan satu motor.

Adapun Kompol Ropiyani juga menjelaskan bahwa kegiatan serupa sebelumnya dilakukan, pada Selasa (16/7/2024) dengan 20 personel gabungan. 

Dibandingkan sebelumnya, terdapat penurunan signifikan dalam jumlah kendaraan yang terjaring, yakni sekitar 68 persen dari 844 unit.

BACA JUGA: Empat Hari Operasi Patuh Mahakam, Polres Kubar Temukan Puluhan Pelanggaran


Sejumlah kendaraan terjaring razia yang digelar Satlantas Polresta Balikpapan, karena menunggak pajak.-(Dok. Humas Polresta Balikpapan)-

Jumlah kendaraan yang menunggak pajak juga menurun dari sebelumnya sebanyak 26 unit, turun sekitar 42 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: