Pemkab Berau Berupaya Tingkatkan Pengelolaan Kearsipan Daerah

Pemkab Berau Berupaya Tingkatkan Pengelolaan Kearsipan Daerah

Sekda Kabupaten Berau, Muhammad Said saat membuka sosialisasi dan Bimtek strategi peningkatan pengawasan kearsipan internal di lingkungan pemerintah daerah.- Disway/Rizal-

BERAU, NOMRSATUKALTIM - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Berau, Muhammad Said, menilai pengelolaan kearsipan di masing-masing perangkat daerah merupakan tanggung jawab yang sangat besar.

Hal tersebut disampaikan pada saat membuka kegiatan sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) strategi peningkatan pengawasan kearsipan internal di lingkungan pemerintah daerah pada Rabu (17/7/2024). 

"Dalam sosialisasi ini, kita diajarkan bagaimana mengelola arsip secara baik," katanya.

BACA JUGA : Ratusan Sopir Angkot Protes Pengoperasian Bus Bacitra, Wali Kota: Itu Kan Program Pemerintah Pusat

Said menyampaikan, tujuan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pengelolaan dan penatausahaan arsip di lingkungan Pemkab Berau.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan arsip di setiap perangkat daerah, sehingga tercipta tata kearsipan yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

"Tanpa arsip, kita akan kebingungan dan kesulitan dalam mempertanggungjawabkan pekerjaan yang telah kita selesaikan,” imbuhnya.

Dirinya juga menekankan pentingnya kesadaran akan arsip, yang harus diterapkan oleh seluruh masyarakat sejak lahir hingga meninggal dunia.

BACA JUGA : Konsep Aglomerasi Tranportasi di IKN: Konektivitas dengan Daerah Penyangga

Menurutnya, untuk menjamin ketersediaan informasi dan meningkatkan kualitas satuan kerja dalam hal pengelolaan arsip, diperlukan penataan arsip yang efektif dan efisien. 

"Untuk itu sosialisasi ini sangat penting untuk diikuti," imbuhnya.

Said berharap sosialisasi ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman peserta, yang kemudian dapat diterapkan di unit kerja masing-masing.

“Semoga kegiatan ini dimanfaatkan dengan baik agar arsip dapat berperan dan berfungsi dengan optimal, serta dikelola secara profesional oleh para peserta,” pungkasnya.

BACA JUGA : Prestasi Duta Wisata dan Putri Pariwisata Tak Hanya Sebatas Mahkota

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: