Dinkes Berau Komitmen Berikan Pelayanan Terbaik Bagi Masyarakat

Dinkes Berau Komitmen Berikan Pelayanan Terbaik Bagi Masyarakat

Kantor Dinkes Berau-(Disway Kaltim)-

 

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Berau terus berusaha memberikan pelayanan terbaik sesuai standar pelayanan yang menjadi komitmen bersama.

 

Kepala Dinkes Berau, Lamlay Sarie, menyebut, melayani dengan Tanggap, Efisien, Profesional, Akuntabilitas dan Transparan (TEPAT) adalah standar pelayanan Dinkes Berau.

 

"TEPAT adalah standar pelayanan kami," ungkapnya, Rabu (10/7/2024).

 

Lamlay menjelaskan, tanggap artinya merespon dan memahami dengan cepat segala permasalahan bidang kesehatan.

Kemudian, efisien yang artinya penyelesaian pekerjaan dengan tepat waktu, cepat dan memuaskan.

 

Selanjutnya, professional yakni memberikan jasa atau layanan sesuai dengan protokol dan peraturan sesuai bidang pekerjaan.

BACA JUGA : Sekdaprov Jadi Narsum di PKN Tingkat II, Paparkan Visi Kaltim sebagai Superhub Ekonomi Nusantara

Akuntabilitas, laporan pertanggungjawaban pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran dilaksanakan secara periodik.

 

"Terakhir, ada Transparan. Yang mana penyediaan informasi dan menjamin kemudahan di dalam memperoleh informasi yang akurat dan memadai," jelasnya.

 

Dengan adanya komitmen tersebut, lanjut Lamlay, pihaknya siap dan sanggup bertekad untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan.

 

"Kami akan terus meningkatkan kekuatan kesehatan di Kabupaten Berau," imbuhnya.

 

Ia mengungkapkan, sebagai penunjang pelayanan, Dinkes Berau memiliki tenaga kesehatan, fasilitas kesehatan, dan peserta layanan kesehatan (BPJS). Diantaranya, 2 rumah sakit, 21 Puskesmas, 2133 tenaga kesehatan dan 228.036 peserta BPJS.

BACA JUGA : Singapura Setujui 16 Jenis Serangga sebagai Makanan, Sejumlah Restoran Siapkan Menu Baru

 

Satu unit RSUD dr Abdul Rifai yang merupakan lembaga teknis pemerintah daerah dan 1 RSUD Talisayan yang merupakan UPTD Dinas Kesehatan. Serta didukung 21 Puskesmas dan 112 Puskesmas Pembantu yang tersebar di 13 Kecamatan.

 

"Selain itu, terdapat sarana lain yang juga menunjang kegiatan pelayanan kesehatan, seperti ambulans, mobil Puskesmas keliling, serta berbagai macam alat kesehatan yang umumnya masih terus dilengkapi agar dapat memenuhi standar pada fasilitas pelayanan kesehatan," ungkapnya.

 

Tidak hanya itu, terdapat juga Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), instalasi informasi dalam rangka bahan perumusan kebijakan, koordinasi, pengkajian dan penerapan teknologi pelayanan teknis operasional laboratorium sekaligus sebagai laboratorium rujukan uji silam.

 

Pembangunan kesehatan merupakan salah satu hak dasar masyarakat yaitu hak untuk memperoleh pelayanan kesehatan.

BACA JUGA : Andi Harun Minta PMI Samarinda Siapkan 17 Ribu Kantong Darah Pertahun

Dasar-dasar pembangunan kesehatan pada hakikatnya adalah nilai kebenaran dan aturan pokok sebagai landasan untuk berpikir, berpijak dan bertindak dalam penyusunan visi misi dan strategi, serta sebagai petunjuk pokok pelaksanaan pembangunan kesehatan di Kabupaten Berau.

 

"Sebagai kabupaten yang terus berkembang, Berau memiliki cita-cita untuk mewujudkan masyarakat lebih sejahtera melalui visi dan misi masyarakat Berau sehat dan mandiri," bebernya.

 

Dinkes Berau menjadi salah satu yang saling berkaitan menjalankan tugas dalam kebersamaan melibatkan peran aktif masyarakat dengan satu visi dan tujuan demi tercapainya kesehatan segenap masyarakat, kesehatan ibu dan anak serta keberlangsungan hajat hidup orang banyak, menjadi tolak ukur sejauh mana bidang kesehatan masyarakat terlaksana.

BACA JUGA : Tahun Ini Konsumsi Ikan Masyarakat Paser Ditargetkan Mencapai 65,65 Kilogram Per Kapita

 

Menurutnya, sebagai upaya dalam peningkatan mutu pelayanan di tingkat dasar, peran Puskesmas menjadi garda terdepan melalui kegiatan Posyandu, imunisasi balita, pembinaan hidup sehat kepada ibu hamil, pembinaan untuk lansia, penanganan dan pendeteksian balita gizi buruk dan layanan masyarakat yang terbentuk dari seluruh kader posyandu yang tersebar di wilayah Kabupaten Berau.

 

Dinkes Berau terus berupaya memaksimalkan pembangunan di bidang kesehatan masyarakat untuk mewujudkan program-program serta visi misi menuju masyarakat Berau yang sehat dan Mandiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: