Selamatkan Kotak Suara Pemilu 2024 di Sungai Mahakam, Tiga Personil Polres Mahulu Terima Penghargaan

Selamatkan Kotak Suara Pemilu 2024 di Sungai Mahakam, Tiga Personil Polres Mahulu Terima Penghargaan

Tiga Personil Polres Mahulu Terima Penghargaan-(Disway Kaltim/Iswanto)-

BACA JUGA : 39 Personel Polres Kukar Diberikan Reward Kenaikan Pangkat

Kotak suara tersebut, kata dia, diangkut dari Kampung Tiong Ohang (pusat pemerintahan kecamatan) dan dibawa ke Kampung Long Apari dan Noha Tivab.

Dua kampung itu letaknya paling jauh di hulu Sungai Mahakam.

"Total kotak suara yang kami kawal saat itu ada 15. Ada lima di perahu kami, sedangkan sebagiannya di perahu lain, sebut Brigpol Jajang Kurnia yang bertugas di Polsek Long Apari sejak tahun 2018 itu.

Dia menceritakan pengalamannya selama bertugas di Polsek Long Apari memang terdapat banyak tantangan yang dihadapi, terutama kondisi geografis dan medan yang sangat ekstrim.

Sebab akses transportasi satu-satunya hanya mengandalkan jalur sungai Mahakam.

Kemudian akses jaringan telekomunikasi yang sulit juga membuat mereka selalu dihadapkan dengan banyak kendala, terutama saat hendak berkoordinasi dengan sesama petugas keamanan.

"Karena kita juga di tuntut untuk profesional dan harus laporan terus setiap hari. Jadi memang banyak dukanya, apalagi biaya hidup juga sangat malah," ungkapnya.

BACA JUGA : Polda Kaltim Siapkan Sanksi Tegas Bagi Polisi Terlibat Judi Online

Terakhir ia menyarankan kepada penyelenggara pemilu terutama KPU selaku penyelenggara teknis untuk mempersiapkan jauh-jauh hari terkait moda transportasi yang digunakan untuk mendistribusikan logistik Pilkada ke setiap desa atau kampung.

Saran ini sebagai langkah antisipasi atas segala potensi kecelakaan, terutama selama perjalanan menuju lokasi tujuan.

"Kalau bisa mempersiapkan akomodasinya itu lebih mantap lagi, terutama ketersediaan perahu yang memadai. Karena kalau mendadak, jadi kita nggak tahu kondisi mesin perahu orang," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: