Permudah Petugas Pantau Kesmas lewat Gerakan Aktifkan Posyandu

Permudah Petugas Pantau Kesmas lewat Gerakan Aktifkan Posyandu

--



Balikpapan, NOMORSATUKALTIM - Memudahkan petugas kesehatan memantau langsung kesehatan masyarakat, hingga mempermudah masyarakat melakukan pemantauan kesehatannya secara mandiri, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur (Dinkes Kaltim) menggelar Gerakan Aktifkan Posyandu selama tiga hari, dari 5 - 7 Juni 2024, di Hotel Platinum Balikpapan.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinkes Kaltim, dr. Jaya Mualimin, melalui Zoom Meeting, Rabu (5/6/2024).

Dalam sambutannya, dr. Jaya Mualimin menyatakan bahwa acara ini bertujuan untuk mendukung Program Posyandu dan Pokjanal di tingkat provinsi tahun 2024, yang merupakan momen penting dalam upaya mengaktifkan kembali posyandu di Kalimantan Timur.

Di tempat yang sama Sub Koordinator Promosi Kesehatan, Pemberdayaan Masyarakat dan Kesehatan Lingkungan, Muhammad Maulana Fahmi, menjelaskan bahwa Gerakan Aktifkan Posyandu ini bertujuan agar masyarakat dapat mengakses berbagai layanan kesehatan sesuai siklus kehidupannya. Layanan tersebut mencakup kesehatan ibu hamil, bayi dan balita, remaja dan usia produktif, serta usia lanjut, selain juga konsultasi dan penyuluhan kesehatan.

"Gerakan Aktifkan Posyandu ini juga memberikan kesempatan bagi petugas kesehatan untuk memantau status kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya," tambahnya.

Ia berharap, dengan adanya gerakan ini, kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mengakses pelayanan kesehatan yang disediakan oleh posyandu dapat meningkat.

Turut hadir Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kaltim, Fitnawati, TP PKK Prov Kaltim Pokja 4, Nurul Wahdah, Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim, Sunarto. (Ade/Adv/Kominfo Kaltim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: