Kemudahan Akses Air Bersih Jadi Atensi Peerintah Kecamatan Muara Kaman

Kemudahan Akses Air Bersih Jadi Atensi Peerintah Kecamatan Muara Kaman

Camat Muara Kaman, Barliang-istimewa-


--

KUTAI KARTANEGARA, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Kecamatan Muara Kaman terus berupaya mengentaskan permasalahan kekurangan air bersih bagi 20 desa di kecamatan tersebut.

Diketahui, pemenuhan air bersih adalah hak dasar yang sudah sepatutnya dipenuhi dan dimiliki oleh masyarakat. Sehingga hal tersebut menjadi fokus utama pemerintah kecamatan.

Camat Muara Kaman, Barliang menyebut, salah satu program prioritas tahun 2024 adalah Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Bersih Masyarakat (Pamsimas).

Program ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan air bersih yang belum optimal di beberapa desa.

BACA JUGA : Optimalkan Potensi Desa, Pemdes Perangat Selatan Ciptakan Pariwisata Embung Dumati

“Kami berkomitmen untuk menuntaskan permasalahan pelayanan dasar ini, termasuk air bersih dan penerangan,” tuturnya, Rabu (5/6/2024).

Desa-desa yang masih kesulitan akses air bersih antara lain Liang Buaya, Muara Siran, Menamang Kiri, Menamang Kanan, dan Tunjungan.

“Persoalan ini sudah lama dirasakan masyarakat. Saat ini kami tengah berupaya menyelesaikannya secara bertahap,” ucapnya.

BACA JUGA : Dispora Kukar Berdayakan Generasi Muda untuk Memajukan Komoditas Kopi Lokal

Langkah awal yang diambil adalah membangun penampungan air bersih. Selanjutnya, akan dibangun sistem distribusi air agar bisa mengalir ke rumah warga.

Barliang berharap pelayanan dasar, terutama air bersih yang disediakan oleh pemerintah, bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

Ini diharapkan akan meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan warga di Kecamatan Muara Kaman.

“Upaya ini merupakan bentuk perhatian dan komitmen pemerintah Kecamatan Muara Kaman terhadap peningkatan kualitas pelayanan dasar bagi masyarakat,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: