Dispora Kukar Berdayakan Generasi Muda untuk Memajukan Komoditas Kopi Lokal

Dispora Kukar Berdayakan Generasi Muda untuk Memajukan Komoditas Kopi Lokal

Kepala Dispora Kukar, Aji Ali Husni-istimewa-


--

 

KUTAI KARTANEGARA, NOMORSATUKALTIM –  Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berupaya mengajak dan memberdayakan generasi muda untuk memajukan sektor pertanian khususnya budidaya tanaman kopi.

Inisiatif tersebut diharapkan mampu memajukan industri pertanian lokal, sekaligus meningkatkan kualitas hidup petani yang ada di Kabupaten Kukar.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kukar, Aji Ali Husni mengatakan, kunci memajukan pertanian di wilayah tersebut adalah mengedepankan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya generasi muda.

BACA JUGA : Festival di Era Edi-Rendi Makin Kaya, Pariwisata Kukar Bergairah, UMKM Banjir Cuan

"Tentunya komitmen kami adalah mengembangkan SDM. Melaui pelatihan ini, diharapkan petani kopi Kukr tidak hanya bertahan, tetapi mampu bersaing dan terus berkembang," ucap Aji Ali.

Pelatihan yang diselenggarakan tidak hanya berfokus pada aspek teknis budidaya kopi, tetapi juga mencakup strategi pemasaran dan pengembangan kemitraan.

Aji menjelaskan bahwa mereka bekerja sama dengan kafe-kafe lokal untuk menggunakan kopi dari petani setempat, yang tidak hanya mendukung usaha lokal tetapi juga meningkatkan kesadaran terhadap kualitas kopi di Kukar.

BACA JUGA : Pemkab Kukar Komitmen Atasi Kemiskinan, Sesuai Data Angkanya Menurun Signifikan

Dengan pendekatan yang menyeluruh, Dispora Kukar berharap dapat meningkatkan standar kualitas kopi melalui pendampingan yang intensif.

“Kami fokus pada pendampingan khusus karena kualitas kopi sangat bergantung pada perlakuan yang diberikan sesuai standar, mulai dari pemupukan, perawatan, hingga teknik panen dan pengolahan,” tambah Aji.

Pelatihan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas kopi, tetapi juga untuk memberdayakan petani lokal agar dapat mengoptimalkan potensi pertanian mereka.

Aji memberikan contoh keberhasilan di Jonggon dengan kebun kopi dan Long Anai dengan produksi coklatnya sebagai bukti potensi yang dapat dicapai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: