Pangkas Jejak Karbon! Selamatkan Bumi dengan Membeli Produk Lokal

Pangkas Jejak Karbon! Selamatkan Bumi dengan Membeli Produk Lokal

Hasil emisi CO2 yang dihasilkan kapal kontainer diperkirakan sebesar 1,58 kg/DWT.-(AI/Nomorsatukaltim)-

Sebaliknya, membeli produk impor berarti sebagian besar uang kita mengalir ke luar negeri, memberikan sedikit manfaat bagi ekonomi lokal. Dengan mendukung produk lokal, kita membantu menciptakan lapangan kerja dan memperkuat ekonomi komunitas, yang juga mendukung kelestarian sosial dan lingkungan.

Selain itu, produk impor sering kali dipanen sebelum matang dan menggunakan bahan pengawet untuk menjaga kesegarannya selama perjalanan panjang. Hal ini dapat menurunkan kualitas dan kandungan nutrisinya. Sebaliknya, produk lokal biasanya dipanen pada tingkat kematangan optimal dan dijual segera, memastikan kesegaran dan kandungan nutrisi yang lebih tinggi.

BACA JUGA: Peneliti Temukan Pengaruh Perubahan Iklim terhadap Turbulensi Singapore Airlines

Misalnya, sayuran lokal yang baru dipanen di pagi hari bisa langsung dijual di pasar tradisional pada hari yang sama. Konsumen mendapatkan produk yang lebih segar dan lebih bergizi, yang baik untuk kesehatan keluarga.

Dengan memahami manfaat membeli produk lokal, kita dapat mengambil langkah-langkah nyata untuk mendukung kelestarian lingkungan dan ekonomi lokal. 

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Belanja di Pasar Lokal

Cari pasar petani atau pasar tradisional di daerah Anda yang menjual produk lokal. Pasar ini tidak hanya menawarkan produk segar tetapi juga mendukung petani dan produsen lokal.

BACA JUGA: Respons ESDM Kaltim Terkait Ormas Keagamaan Boleh Kelola Pertambangan

2. Dukung Usaha Kecil

Beli produk dari usaha kecil dan menengah di sekitar Anda yang menggunakan bahan baku lokal. Usaha kecil ini sering kali mengutamakan kualitas dan keberlanjutan dalam produksinya.

3. Edukasi Diri dan Orang Lain

Bagikan informasi tentang manfaat membeli produk lokal kepada keluarga dan teman-teman. Kesadaran kolektif bisa membawa perubahan besar.

BACA JUGA: Ini Tanggapan Ormas Islam di Kaltim Soal Boleh Kelola Pertambangan

4. Periksa Label Produk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: