Siang Geah Minta Pemerintah Evaluasi Terminal Bus Sangatta

Siang Geah Minta Pemerintah Evaluasi Terminal Bus Sangatta

Anggota DPRD Kutim, Siang Geah. --


KUTIM, NOMORSATUKALTIM – Anggota DPRD Kutai Timur Siang Geah meminta Pemkab Kutim mengevaluasi Terminal Bus Sangatta agar menarik minat masyarakat.

Menurut Siang Geah, hal ini merupakan tantangan bagi pemerintah. Mengingat masyarakat kini lebih banyak menggunakan kendaraan pribadi dan jasa angkutan travel yang siap mengantar penumpang hingga ke depan rumah.

"Ini kan kompetisi-kompetisi yang perlu memang dievaluasi oleh terminal. Mungkin lebih baiknya travel-travel itu digabungkan dan menjadikan terminal sebagai sentralnya, supaya masyarakat bisa memilih mau pakai bus atau mobil kecil," kata Siang Geah, ditemui awak media di Gedung DPRD Kutim, Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi baru-baru ini.

Siang Geah menekankan pentingnya menertibkan kendaraan angkutan yang beroperasi tanpa izin resmi dan menggunakan pelat hitam.

"Saya kira itu yang harus ditertibkan, dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat dan saya lihat terminal kita saat ini sudah bagus fasilitasnya ketimbang yang dulu," ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa penertiban tersebut memerlukan diskusi mendalam dengan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk mengetahui langkah-langkah yang telah diambil terkait regulasi dan infrastruktur.

"Ini kan kita belum tahu persoalannya di mana, terkait kerja sama dengan pihak-pihak travel. Saya kira itu sudah dibangun, tinggal hanya modelnya saja yang belum," ungkapnya.

Siang Geah menambahkan bahwa kolaborasi antara pemerintah dan operator travel sangat penting untuk memastikan terminal bus dapat berfungsi sebagai pusat transportasi yang efisien.

"Kerja sama dengan travel-travel lokal perlu ditingkatkan agar terminal bus bisa menjadi pilihan utama bagi masyarakat," tuturnya.

Selain itu, ia mengusulkan agar fasilitas di terminal terus ditingkatkan untuk memberikan kenyamanan lebih bagi pengguna jasa.

"Fasilitas terminal harus terus diperbaiki dan ditingkatkan, mulai dari ruang tunggu, kebersihan, hingga keamanan, agar masyarakat merasa nyaman dan aman saat menggunakan terminal bus," jelasnya.

Siang Geah juga mengingatkan pentingnya sosialisasi kepada masyarakat mengenai manfaat menggunakan transportasi umum.

"Pemerintah perlu gencar melakukan sosialisasi tentang manfaat dan kenyamanan menggunakan transportasi umum, ini akan membantu mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan mengurangi kemacetan," tambahnya.

Dengan evaluasi dan penertiban yang baik, Siang Geah berharap Terminal Bus Sangatta bisa menjadi pilihan utama masyarakat Kutim. (*/one)

Post View: website counter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: