Peringatan Harkitnas, Ketua DPRD Paser Ajak Generasi Muda Kontribusi Majukan Daerah

Peringatan Harkitnas, Ketua DPRD Paser Ajak Generasi Muda Kontribusi Majukan Daerah

Ketua DPRD Paser, Hendra Wahyudi (kanan) saat upacara Harkitnas di halaman kantor Bupati Paser. -istimewa-

PASER, NOMORSATUKALTIM - Tepat peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-166 tahun 2024. Diharapkan masyatakat khususnya di Kabupaten Paser selalu semangat dan optimisme dalam memajukan daerah.

Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi mengatakan, Harkitanas momen bersejarah  bagi bangsa Indonesia. Ia bilang 20 Mei 1908 didirikan organisasi Boedi Oetomo oleh dr Soetomo dan para pelajar, yang kala itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan.

Hari berdirinya organisasi pemuda kala itu, menjadi cikal bakal dari simbol Hari Kebangkitan Nasional yang dirayakan setiap tanggal 20 Mei. Organisasi yang ikut digagas oleh Wahidin Sudirohusodo menjadi awal mula tempat orang belajar dan berdebat tentang banyak hal. 

"Seperti pentingnya pendidikan serta penyebaran pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang status sosial," kata Hendra Wahyudi, usai upacara Harkitnas di halaman kantor Bupati Paser, Senin (20/5/2024).

BACA JUGA:Jarnawi Siap Maju di Posisi Mana Saja Pada Pilkada Paser

Apa yang telah dirintis Boedi Otomo, kata Hendra dilanjutkan oleh banyak organisasi lain yang muncul belakangan dan diperluas menjadi nasionalisme mencakup keseluruhan orang-orang di Hindia Belanda. 

Pendidikan yang kala itu hanya ditujukan pada golongan tertentu, kemudian diperluas menjadi pendidikan untuk seluruh rakyat Indonesia. 

"Perjuangan memajukan kebudayaan, diperluas menjadi perjuangan politik mengusir penjajahan Belanda yang puncaknya tercapai proklamasi kemerdekaan Bangsa Indonesia," sebutnya.

Ia menginginkan dari sejarah organisasi Boedi Oetomo jadi pelecut bagi generasi muda daerah, untuk ikut memberi kontribusi bagi bangsa dan negara khususnya kemajuan daerah. 

"Kebangkitan nasional juga menjadi penanda lahirnya zaman baru dan inilah saatnya generasi sekarang mengambil peran di tengah gempuran teknologi yang semakin canggih," terangnya. 

BACA JUGA:Makan Malam Politik, Sinyalemen Jarnawi - Ridha Berpasangan Pilkada Paser 2024

Semangat juang dari para jasa pahlawan tidak boleh luntur dan menjadikan momen Harkitnas sebagai inspirasi dalam mengisi kemerdekaan dengan baik dan melakukan pembangunan yang tepat sasaran. 

Pembangunan infrastruktur yang terus dilakukan oleh Pemkab Paser dan tentunya dengan pengawasan oleh DPRD Paser, menjadi suatu hal yang dapag membangkitkan dan membangun daerah. 

"Selamat hari kebangkitan nasional ke 116 tahun, mari bersama-sama mengawal dan mengawasi jalannya pembangunan di Kabupaten Paser," tandas Hendra. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: