Kapal Mitra Bahari IX Bocor dan Tenggelam, KSOP Balikpapan Lakukan Penjemputan Kru

Kapal Mitra Bahari IX Bocor dan Tenggelam, KSOP Balikpapan Lakukan Penjemputan Kru

Sejumlah kru kapal Mitra Bahari IX saat tiba di Pelabuhan Semayang Balikpapan, pada Selasa (7/5/2024).-(Ist/ Nomorsatukaltim)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I  Balikpapan melakukan evakuasi terhadap 16 kru dan anak buah kapal (ABK) dari Kapal Motor (KM) Mitra Bahari IX, yang bocor lalu tenggelam di Perairan Tanjung Puting, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kepala KSOP Kelas I Balikpapan, Capt Barto Ari Raharjo, didampingi Kabid Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli, Fourmansyah memimpin langsung penjemputan, dengan menggunakan satu armada kapal milik KSOP pada Selasa (7/5/2024) pagi.

BACA JUGA: Pertamina Kasih Solusi Mobil Pemadam Kebakaran yang Belum Dapat Barcode Pengisian BBM Bersubsidi

Fourmansyah mengatakan bahwa kru dan ABK sudah lebih dulu diselamatkan oleh Kapal MBS Bratan, yang melintas di kawasan Perairan Tanjung Puting dengan tujuan Bulungan, Kalimantan Utara.

“Kami lakukan penjemputan di titik yang sudah disepakati sekitar 5 mil dari Kota Balikpapan,” ungkap Fourmansyah.

BACA JUGA: Kejati Kaltim Geledah RSUD AWS, Diduga karena Data Penerima TPP Pegawai Dimanipulasi sampai Rp 6 Miliar

Ia pun memastikan jika 16 korban KM Mitra Bahari IX tersebut dalam kondisi sehat. 

“Kapten kapal akan dimintai keterangan. Sementara kru dan ABK yang lain diurus oleh pemilik kapal,” tambahnya.

Awalnya, lanjut Fourmansyah, KM Mitra Bahari IX melakukan panggilan darurat kepada MBS Bratan. Dan akhirnya MBS Bratan merespons dan mendekat.

Ia juga menjelaskan bahwa sebelum melakukan penyelamatan, Kapten KM Mitra Bahari sempat berusaha mengandaskan kapal di Perairan Tanjung Puting. Sayang, upaya tersebut gagal karena kapal keburu mengalami black out.

BACA JUGA: Tak Kuat Menanjak, Bus Pariwisata Berpenumpang 20 Orang Terguling di Paser

“Akhirnya MBS Bratan menurunkan sekoci untuk mengevakuasi seluruh kri dan ABK,” kata Fourmansyah.

Pihaknya pun turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur yang terlibat dalam evakuasi dan penjemputan kru dan ABK ini.

“Terima kasih kepada Basarnas, kepolisian, TNI AL dan Pelindo serta seluruh pihak yang terlibat dalam pejemputan para korban ini,” Ujar Fourmansyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: